(Video) Review PAR Meter di Akuarium 60 L

Ini adalah video yang sudah cukup lama yaitu diupload pada tahun 2009, mereview penggunaan alat PAR Meter atau biasa disebut Quantum Sensors. Video ini juga sekaligus menunjukkan bahwa penggunaan PAR Meter sudah lama dilakukan dalam Aquascape yaitu lebih dari 5 tahun yang lalu sehingga bagi Anda yang masih menerapkan metode watt per litter atau watt per gallon segera beralih yaaa dan update informasi mulai dari sekarang 😀 .

PAR Meter

Dulu harga PAR Meter sekitar $200-250 tapi sekarang bisa sampai $300-350 atau bahkan lebih sehingga tidak jarang alat ini hanya dibeli oleh sebuah komunitas Aquascape saja untuk digunakan bersama-sama. Alat PAR Meter yang digunakan oleh orang tersebut dibuat oleh produsen “Apogee” yang merupakan PAR Meter versi sebelumnya. Jika Anda berminat untuk membeli PAR Meter silahkan kunjungi situsnya disini Apogee.

Sayangnya tidak disebutkan berapa dimensi akuarium yang digunakan, di video tersebut hanya ada informasi mengenai volume akuariumnya yaitu 60 liter dan lampu yang digunakan adalah 2×24 watt jenis T5 HO dilengkapi dengan reflektor. Setidaknya video ini bisa menjadi referensi untuk Anda mengenai penggunaan PAR Meter.

Pengukuran dilakukan di beberapa area dan Anda bisa melihat perubahan angka pada PAR Meter ketika sensor didekatkan pada sumber cahaya maka nilai PAR Meter tercatat sangat tinggi mencapai 500 micromols/m2 dan ketika sensor bergerak semakin ke bawah (dasar akuarium) menjauh dari sumber cahaya maka nilai PAR tercatat semakin menurun hingga 90 micromols/m2 yang menurut saya angka tersebut masih tinggi 😀 tapi berhubung orang tersebut sedang menanam cuba maka angka tersebut tidak terlalu masalah dan bisa dikatakan cocok.

Pengukuran PAR dilakukan di posisi tanaman yang ingin Anda ukur dan posisikan sensor tersebut di posisi tanaman, misalnya Anda ingin mengukur nilai PAR yang akan diterima oleh tanaman background yang cukup tinggi maka sesuaikan posisi sensor dengan posisi tanaman, anggap saja bahwa sensor tersebut adalah tanaman yang nantinya akan menerima cahaya dari lampu dan jika Anda ingin mengukur nilai PAR yang akan diterima oleh tanaman karpet maka posisikan sensor di dasar akuarium sebagaimana posisi tanaman tersebut. Sebagai informasi yang sebetulnya sudah saya sertakan di file excel mengenai kalkulator LED bahwa untuk Aquascape sendiri ada batasan angka nilai PAR yang direkomendasikan dari hasil pengukuran menggunakan PAR Meter dan angka ini bisa saja sewaktu-waktu berubah, diantaranya :

  • Low light – 15-30 micromols PAR
  • Medium light – 35-50 micromols PAR
  • High light – diatas 50 micromols PAR

PAR Meter

PAR Meter ini banyak fungsi nya loh, selain mengukur PAR yang akan diterima tanaman di dasar akurium Anda juga bisa mengukur efek dari tanaman tinggi yang menutupi tanaman dibawahnya. Dengan menggunakan alat ini Anda dapat mengetahui nilai PAR di area yang tertutupi tanaman tinggi dan itu pasti akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman yang berada di bawahnya. Intinya untuk Anda yang senang bereksperimen dengan pencahayaan maka alat ini cocok untuk Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *