(Video) Cara Membuat Pupuk Cair Berbahan Potassium

Penjelasan

Potassium/Kalium adalah unsur makro yang diperlukan oleh semua tanaman di dalam akuarium. K+ diperlukan dalam jumlah yang tinggi dan terutama digunakan untuk mengatur jumlah air dalam sel-sel tanaman. Ion kalium juga membantu mengatur jalur signaling dalam organisme. Direkomendasikan konsentrasi kalium dalam akuarium antara 10-30 mg/L (ppm).

Jika sebelumnya saya membut tutorial tentang membuat pupuk cair berbahan Phosphate, kali ini dengan sumber materi yang sama saya coba menghadirkan tutorial membuat pupuk cair berbahan Potassium. Video tutorial ini dibuat oleh akun DIY AQUAPROS dan akan saya coba uraikan melalui penjelasan di bawah ini.

Alat

  • Botol kaca 1000 ml atau 1 liter delangkapi dengan tutupnya.
  • Sebuah timbangan berskala gram.
  • Sebuah suntikan disertai dengan selang silikon

Bahan

  • Potassium Klorida (HCI) atau biasa juga disebut Kalium Klorida, bisa Anda dapatkan di toko-toko kimia. Harganya tidak terlalu mahal yaitu antara Rp.2000-3000/kg dalam bentuk serbuk.
  • Air destilasi atau biasa disebut air suling, dalam hal ini bisa saja Anda menggunakan air biasa namun dikhawatirkan akan mempengaruhi efektifitas pupuk cair yang Anda buat nantinya, pilihan ada di tangan Anda!

Seperti biasa, pembuatan pupuk cair ini melalui beberapa tahap termasuk tahap perhitungan yang mereka lakukan untuk menentukan dosis yang tepat. Mereka memberi angka antara 10-30 mg/liter untuk dosis yang aman digunakan dan diambil nilai tengah yaitu 20 mg/liter (20 ppm). Perhitungan pun dilakukan sebetulnya bukan hanya untuk mengetahui jumlah dosis yang tepat tetapi untuk mengetahui berapa berat dari Potassium Klorida yang kita butuhkan untuk membuat sebuah larutan pupuk cair di botol 1 liter.

Hasil akhirnya adalah, kita membutuhkan 265.67 gram Potassium Klorida untuk setiap 1000 ml air sehingga jika Anda menggunakan botol 2000 ml ubah angka 1000 ml pada perhitungan. Dari hasil perhitungan itu pula didapatkan dosis penggunaan yang tepat yaitu 20 mg/liter. Bagaimana kita tahu atau bagaimana cara kita mengukur 20 mg/liter yang akan kita masukkan ke dalam akurium. Anda hanya perlu menggunakan suntikan yang sudah Anda siapkan dan isi dengan larutan pupuk cair tersebut sekitar 30 ml. Lihat angka pada suntikan tersebut yang dinyatakan dalam satuan ml, isi suntikan tersebut dengan pupuk cair sebanyak 30 ml.

Ini artinya ketika Anda menggunakan pupuk cair tersebut sebanyak 30 ml itu sama dengan 20 mg/liter! Jika sudah mengerti, silahkan mulai timbang Potassium Klorida menggunakan timbangan sebanyak 265.67 gram dan masukkan ke dalam botol 1000 ml yang sudah berisi air destilasi, kocok hingga campuran homogen (tercampur secara merata) kira-kira selama 30 detik. Selalu gunakan tutup botol ketika Anda berususan dengan bahan kimia dan berhati-hati lah karena pada dasarnya bahan kimia yang kita gunakan cukup berbahaya.

Pemberian pupuk cukup 3 kali setiap minggu dan dalam sekali pemakaian Anda hanya menggunakan 30 ml pupuk cair yang artinya sama dengan 20 mg/liter. Happy DIY dan Semoga bermanfaat!

5 thoughts on “(Video) Cara Membuat Pupuk Cair Berbahan Potassium

  1. DIY yg keren bgt… Thanks. Sedikit ralat aja, typo HCl.. Seharusnya adalah KCl. HCl adalah Asam Klorida yg tergolong asam kuat dan bersifat sangat korosif. Sedangkan KCL adalah garam halida yg terdiri dr kalium & klorin.

     

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *