(Video) Cara Membuat Pupuk Cair Berbahan Phosphate

Penjelasan

Video dari “DIY AQUAPROS” ini memperlihatkan bagaimana cara membuat pupuk cair menggunakan phosphate. Lebih tepatnya unsur yang digunakan adalah Mono Kalium Phosphate (MKP) dengan rumus kimia KH2PO4 yang bisa Anda beli di toko-toko kimia dalam bentuk serbuk dan biasanya 100% larut di air. Yang perlu diketahui adalah mengenai dosis yang digunakan serta berapa konsentrasi MKP yang digunakan untuk membuat sebuah larutan pupuk cair. Sebelum itu, saya jelaskan bahan dan alat yang Anda perlukan :

Alat

  1. Botol kaca berkapasitas 500 ml yang dilengkapi dengan tutupnya.
  2. Sebuah alat suntik 20 ml disertai dengan selang silikon.
  3. Sebuah timbangan berskala gram.

Bahan

  1. Mono Kalium Phosphate (KH2PO4) atau biasa disingkat MKP. Anda bisa memperolehnya di toko-toko kimia dalam bentuk serbuk. Saya kurang tahu harganya tapi jika membeli per sak dengan berat 25 Kg harganya bisa mencapai 700 rb dan kita tidak mungkin beli langsung per sak jadi silahkan tanyakan saja langsung ke toko kimia.
  2. Air destilasi atau biasa disebut air suling, yaitu air yang sudah dihilangkan kandungan mineral dan zat-zat kimia di dalamnya. Silahkan lihat ini Cara Membuat Air Suling.

Setelah alat dan bahan Anda siapkan maka selanjutnya kita perlu menentukan :

  1. Dosis penggunaan dari pupuk yang kita buat.
  2. Konsentrasi MKP untuk sejumlah air sehingga nantinya kita bisa membuat sebuah larutan pupuk yang tepat.

Dosis penggunaan dari pupuk cair yang kita buat adalah 2mg/liter air atau sama dengan 2 ppm. Angka tersebut berdasarkan dari beberapa percobaan yang mereka lakukan yang awalnya mereka menggunakan dosis 3 mg/liter (3 ppm) namun ternyata dosis tersebut terlalu berlebih. Penting untuk diingat bahwa jika takaran pupuk cair ini terlalu banyak maka dapat memicu pertumbuhan algae sehingga Anda perlu berhati-hati dalam penggunannya.

Untungnya, kita tidak perlu tahu mengenai proses dibalik semua itu termasuk perhitungan yang mereka lakukan untuk menentukan konsentrasi MKP yang akan digunakan untuk membuat sebuah larutan pupuk cair. Perhitungan dilakukan dengan melibatkan berat molekul dari Mono Kalium Phosphate dan mari kita skip saja bagian tersebut 😀 , kita anggap bahwa kita seutuhnya percaya pada perhitungan yang mereka lakukan. Angka akhir berupa konsentrasi MKP yang harus digunakan untuk membuat sebuah larutan pupuk cair adalah 29.96 gram/500ml.

Jika saya deskripsikan angka tersebut maka penjelasannya seperti ini. Untuk membuat pupuk cair berbahan Mono Kalium Phosphate, maka kita memerlukan 29.96 gram MKP untuk 500 ml. Jika kita menggunakan botol 1 Liter maka MKP yang diperlukan adalah (29.96×2)= 59.92 gram!

Selanjutnya, silahkan timbang MKP seberat 29.96 gram dan larutkan bersama 500 ml air destilasi (air suling) dan tutup botolnya. Setelah itu kocok agar tercampur secara homogen sehingga menghasilkan sebuah larutan yang bisa kita sebut pupuk cair DIY buatan kita sendiri. Dosis penggunaan yaitu 2 mg/liter. Pemberian pupuk direkomendasikan dilakukan 3 kali per minggu, Selamat ber-DIY!

Peringatan : Bahan kimia yang digunakan dalam percobaan ini cukup berbahaya sehingga lakukanlah dengan sangat hati-hati dan penuh perhitungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *