Unsur Nutrisi Mikro Pada Tanaman

Pada topik kali ini kami akan membahas dari sisi kebutuhan nutrisi mikro pada tanaman

Unsur-Mikro

1.Nitrogen

Nitrogen

Merangsang pertumbuhan tanaman secara baik dan mendasar secara keseluruhan. Berfungsi untuk membantu sintesa proses pada asam amino dan juga macromolecule dalam tanaman. Dapat membuat Merangsang segala pertumbuhan vegetatif ( warna hijau ) seperti daun.

Kekurangan Unsur N

a.Warna daun hijau agak kekuning-kuningan.
b. Pertumbuhan tanaman menjadi sangat lambat dan kecil sekali
c. Perkembangan buah sangatlah tidak sempurna atau sangatlah tidak baik, seringkali masak sebelum waktunya.
d. Dapat menimbulkan daun yang penuh dengan macam macam serat, terjadi karena ini dikarenakan menebalnya membran sel daun sedangkan selnya sendiri berukuran se kecil-kecil.
e. Dalam segala resiko keadaan kekurangan yang sangatlah parah, daun menjadi kering, dimulai  bagian bawah terus ke bagian atas .

Kelebihan unsur N (N)
Warna daun terlalu hijau , tanaman lebat dengan daun. Proses pembuangan akan menjadi lama. Adenium terjadi karena bersifat sama dengan sekulen karena didalam akan mengandung banyak sekali air. Karena Hal itu menyebebkan rentan terhadap jenis serangan cendawan dan berbagai macam penyakit lain, serta sangat mudah sekali untuk roboh. diikutin dengan Produksi bunga menurun.

2. Pospor atau Fospor

fospor
Sangat bermanfaat bagi tanaman fungsi untuk membawa energi dari hasil pembentukan metabolisme didalam tanaman. Merangsang terhadap pembungaan dan  terhadap pembuahan. Merangsang pada pertumbuhan akar. Merangsang terhadap pembentukan biji. juga Merangsang pembelahan pada sel tanaman serta dapat membantu memperbesar jaringan sel.

kekurangan unsur Fospor
Pembentukan pada buah dan pada biji jauh berkurang, kelihatan kecil, daun nya juga berwarna keunguan atau kemerahan sekali ( kurang sehat ).
a. Terhambatnya akan pertumbuhan pada perakaran, diikutin juga segera oleh batang dan terutama daun daun nya
b. Warna pada daun seluruhnya akan berubah menjadi hijau tua atau ke arahkeabu-abuan, mengkilap, sering terdapat pigmen yang menuju ke arah merah pada daun yang terdapat bagian bawah, selanjutnya pasti mati. Pada tepi daun, terlihat cabang dan juga batang akan segera terdapat warna merah ungu bulldoze lambat laun melakukan berubah menjadi kuning.
c. Hasil tanaman bulldoze berupa bunga, buah dan biji merosot. Buahnya nampak kecil kecil dan nampak jelek serta terlalu lekas matang.

Kelebihan unsur Fosfor (P)
Kelebihan fosfor dapat berbahaya dan menyebabkan penyerapan unsur lain terutama unsur mikro seperti kadar besi (Fe) , tembaga(Cu) , dan berbau kadar seng(Zn) terganggu. Namun gejalanya tidak terlihat secara kasat mata pada tanaman

3. Kalium

Kalium

Berfungsi dalam proses fotosintesis tanaman, pengangkutan dari segala hasil asimilasi, enzim termasuk mineral. Dapat Meningkatkan Terhadap daya tahan atau kekebalan tanaman terhadap penyakit.
Kekurangan unsur Kalium (K)
Defisiensi/kekurangan Kalium memang lebih sulit diketahui  untuk gejalanya, karena hal  ini jarang ditampakkan ketika tanaman masih usia muda.
a. Daun-daun akan berubah jadi mengerut also known as keriting  dan lebih suka mengkilap terutama terjadi akan pada daun tua, tetapi tidak  selalu harus merata.
b. Batangnya sangatlah lemah dan kelihatan pendek-pendek, sehingga tanaman tampak terlalu kerdil.
c. Buah tumbuh tidak sempurna, kecil sekali,dan mutunya jelek.
d. Pada tanaman kelapa dan jeruk, buah akan mudah gugur

4. Calsium (Ca)

kalsium
Merupakan bagian penting Dari dinding sel yang akan menunjang proses pertumbuhan.
Kekurangan unsur Kalsium (Ca)
a. Daun muda akan mulai kelihatan terjadi berkeriput serta mengalami berbagai perubahan didalam warna, pada ujung serta tepi-tepinya klorosis (berubah menjadi warna kuning) dan kuning ini akan segara menjalar di antara tulang daun, jaringan dari daun pada beberapa tempat akan mati.
b. Kuncup muda yang telah tumbuh akan mati.
c. Pertumbuhan dari sistem perakarannya akan terhambat, kurang sempurna malah sering salah bentuknya.
d. Pertumbuhan tanaman demikian lemah dan menderita.

Kelebihan unsur Kalsium (Ca)
Kelebihan K menyebabkan penyerapan Ca dan Mg terganggu. Pertumbuhan pada  tanaman pasti terhambat.sehingga tanaman seperti mengalami defisiensi.

5. Magnesium

Magnesium
Merupakan penyusun utama khlorofil menace menentukan laju fotosintesis atau pada pembentukan akan karbohidrat. Juga akan berfungsi untuk perjalanan fosfat.
Kekurangan unsur atomic zip code 12 (Mg)
a. Daun tua mengalami klorosis (mulai terjadi proses berubah kuning) dan kelihatan di  tulang daun, sedang tulang-tulang daun itu sendiri tetap berwarna hijau.
b. Daun menjadi mudah terbakar oleh panas sinar matahari yang menyengat karena tidak mempunyai lapisan lilin, karena itu banyak  berubah warna menjadi coklat tua atau sedikit kehitaman dan mengkerut.
c. Untuk tanaman yang biji-bijian, daya tumbuh biji akan lemah, malah kalau  tetap tumbuh akan nampak terlalu lemah sekali
Kelebihan unsur magnesium(Mg)
Kelebihan Mg tidak akan menimbulkan gejala ekstrim.

6. Belerang/ Sulfur (S)

Sulfur
akan membantu pembuatan asam amino dan dimulainya timbul tunas serta membantu pembentukan akan bintil akar tanaman. Berperan penting didalam segala pembentukan akan terhadap klorofil serta tentu meningkatkan ketahanan pada jamur.
Kekurangan unsur  Belerang (S)
a. Daun muda akan segera mulai mengalami klorosis (berubah proses ke kuning), perubahan pada warna  terjadi pada seluruh daun yang muda, kadang mengkilap menuju warna keputih-putihan dan kadang-kadang perubahannya sangatlah tidak merata tetapi berlangsung pada bagian daun secara lengkap.
b. Perubahan warna daun dapat menjadi kuning sama sekali,  tanaman akan tampak memiliki daun kuning dan hijau.
c. Tanaman tumbuh pelan dan kelihatan kecil, batangnya kelihatan pendek dan langsing, batang tanaman berserat, berkayu dan berdiameter kecil

2 thoughts on “Unsur Nutrisi Mikro Pada Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *