Substrate dan Pupuk Aquascape

Substrate dan Pupuk merupakan komponen penting dalam Aquascape sehingga saya merasa perlu membahasnya di postingan kali ini. Jika Anda belum mengetahui apa itu substrate, Anda perlu membaca di postingan sebelumnya. Kali ini, agar memudahkan dalam membahasnya, saya akan coba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul seputar substrate dan pupuk ini, diantaranya adalah :

  1. Apa saja jenis substrate Pasir dan Soil yang sering digunakan dalam Aquascape?
  2. Apa perbedaan antara substrate Pasir dan Soil? Apa kelebihan dan kekurangan antar kedua jenis substrate tersebut? sebaiknya yang manakah yang kita pakai?
  3. Seperti apa susunan substrate yang direkomendasikan di dalam akuarium?
  4. Bagaimana cara mengisi air pertama kali agar substrate tidak berantakan?
  5. Ada berapa jenis pupuk dalam Aquascape serta apa perbedaannya?
  6. Apakah pupuk wajib dalam Aquascape?
  7. Seperti apa aturan pemberian/pemakaian pupuk dalam Aquascape?

Baik, untuk sementara mungkin 7 pertanyaan itu yang akan coba saya bahas, jika ada pertanyaan lain diluar pertanyaan tersebut silahkan gunakan kolom komentar untuk kita bahas bersama-sama. Kita masuk ke pembahasan pertama.

PEMBAHASAN PERTAMA

Dalam pembahasan pertama ini saya akan menjawab dua pertanyaan sekaligus yaitu no 1 dan 2.  Sebelumnya kita perlu tau dulu asal usul terbentuknya pasir. Anda tau pasir yang ada di bumi ini berasal dari mana? seperti apa asal usul pasir yang ada di bumi ini? Dalam ilmu geologi, pasir tidak dikenal sebagai material tunggal yang terbentuk langsung dari sumbernya seperti halnya batu, batu terbentuk langsung dari sumbernya yaitu lava panas yang mendingin/membeku dengan sangat cepat sehingga membentuk batuan beku, batuan beku tersebut pula yang menghasilkan turunan-turunan jenis batu yang lainnya seperti batuan sedimen dan metamorf. Tidak seperti batu, pasir terbentuk bukan langsung dari lava, justru dia terbentuk dari batuan. Ya! Pasir terbentuk dari hasil pelapukan batuan beserta mineralnya. Sehingga kita kenal banyak sekali jenis pasir yang ada di bumi ini dan pada dasarnya jenis pasir tersebut dibedakan dari mineral yang terkandung di dalamnya sedangkan secara fisik semua jenis pasir sama saja hanya berbeda dalam hal ukuran.

PASIR

Kembali ke pembahasan, Pasir adalah agregat yang terbentuk dari hasil pelapukan batuan (jenis apapun). Dalam Aquascape pasir digunakan juga sebagai substrate selain soil, yaitu media tanam tumbuhan, tempat dimana tanaman itu tumbuh, tempat dimana tanaman itu menancapkan akarnya, tempat diamana tanaman akan mendapatkan asupan nutrisi melalui akar dan  juga tempat berkembang biaknya bakteri yang berguna dalam Aquascape. Pasir yang digunakan sebaiknya memiliki ukuran butir seragam antara 2-3mm, hindari penggunaan pasir yang dapat mempengaruhi parameter air, seperti pasir yang bersifat asam tentu akan mempengaruhi PH air atau pasir laut yang mengandung garam tentu akan mempengaruhi kondisi air. Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah substrate pada Aquascape harus lah memiliki cukup rongga tempat bakteri baik berkembang biak, bakteri ini berfungsi untuk menteralisir atau mengubah zat-zat beracun dalam Aquascape seperti amoniak dan nitrat, bakteri juga berperan penting dalam membentuk keseimbangan ekosistem dalam Aquascape. Baca artikel tentang “Fungsi Bakteri Dalam Aquascape”. Beberapa jenis pasir yang sering digunakan di dunia Aquascape Indonesia (lokal) adalah :

  • substrate dan pupuk aquascape
    Pasir Malang, Murah dan Mudah didapatkan
    Pasir Malang :
    Pasir malang bukan berarti pasir yang berasal dari Kota Malang 😀 itu hanya istilah saja. Pasir Malang adalah pasir yang terbentuk dekat dengan area intrusi gunung berapi (proses vulkanik), sehingga tidak perlu diragukan lagi sifat dari pasir tersebut dalam menyuburkan tanaman. Atas dasar itu pula, para scaper menggunakan pasir ini sebagai substrate tanpa disertai dengan penggunaan pupuk dasar. Nyatanya, tidak semua pasir malang terbentuk dekat dengan area intrusi. Oleh karena itu, saya tetap menyarankan jika Anda hendak menggunakan pasir ini sebagai substrate lebih baik disertai dengan penggunaan pupuk dasar untuk menjamin tercukupinya nutrisi bagi tanaman. Kelebihan Pasir Malang adalah harganya yang murah dibandingkan dengan pasir jenis lain, serta mudah didapat, warnanya yang gelap memberi kesan natural pada Aquascape, selain itu anggapan bahwa pasir ini dapat menyuburkan tanaman tanpa bantuan pupuk dasar menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki pasir malang sehingga kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk pembelian pupuk dasar, meskipun hal itu tidak sepenuhnya salah karena aquscape pertama saya pun hanya menggunakan pasir malang dan tanaman memang tumbuh subur secara normal. Kekurangan Pasir Malang adalah sifatnya yang ringan karena setiap butir pasir jenis ini memiliki pori/rongga yang cukup banyak. Itu tidak akan menjadi masalah jika pasir ini digunakan untuk menumbuhkan tanaman di darat seperti halnya adenium, tetapi jika digunakan di dalam air beda lagi persoalannya. Daya cengkram pasir yang ringan dalam air menjadi masalah utama, akar tanaman tidak akan  menancap dengan erat sehingga terkadang mereka mudah tercabut dari substrate. Pasir ini dijual dalam beberapa jenis berdasarkan ukuran butirnya, ada yang halus ada juga yang kasar. Itu adalah plus minus yang harus Anda terima ketika menggunakan pasir malang sebagai substrate.
  • substrate dan pupuk aquascape
    Pasir Silika
    Pasir Silika :
    Seperti yang sudah saya jelaskan tentang asal usul terbentuknya pasir. Pasir silika terbentuk dari pelapukan batuan yang di dominasi mineral silika termasuk juga kuarsa di dalamnya. Pasir silika sering juga digunakan sebagai substrate tetapi biasanya penggunaan pasir ini disertai dengan pasir malang karena pasir silika tidak banyak mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Umumnya pasir ini berwarna coklat dan jika dilihat seksama ada beberapa butir yang berwarna putih atau bening, itu adalah kuarsa. Kelebihan dari pasir silika adalah mudah didapat meskipun harganya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan pasir malang. Pasir ini pun lebih berat dari pasir malang sehingga daya cengkram terhadap akar tanaman sedikit lebih baik dibandingkan pasir malang. Kekurangan dari pasir silika adalah tidak terkandungnya unsur hara atau zat-zat yang dibutuhkan tanaman sehingga dalam penggunaannya perlu disertai pasir malang atau pupuk dasar. Pasir silika dipercaya sebagai penyebab timbulnya brown algae (algae coklat) dalam Aquascape Anda, algae adalah hama dalam Aquascape. Pasir silika didominasi oleh bentuk butir yang runcing/tajam, hal itu akan menimbulkan kerusakan pada akar tanaman secara fisik, warnanya yang terang mengurangi kesan natural pada Aquascape Anda. Itu adalah plus minus yang harus Anda terima ketika menggunakan Pasir Silika sebagai substrate.

  • Pasir Holland :
    Hanya sedikit informasi yang saya dapat mengenai Pasir Holland ini, saya pun kurang paham asal usul pasir ini. Pasir holland berwarna hitam sama halnya seperti pasir malang, mungkin cukup sulit mendapatkannya sehingga kita perlu mencarinya secara online. Sangat sedikit review yang saya dapat dari para scaper tentang penggunaan pasir yang satu ini.

    substrate dan pupuk aquascape
    Pasir Holland

  • Pasir Bali :
    Sama halnya dengan pasir holland, saya tidak mendapatkan informasi yang cukup mengenai pasir jenis ini 😆 . Pasir Bali berwarna coklat terang dan berdasarkan sedikit informasi yang saya dapat bahwa pasir bali dapat mempengaruhi parameter air sehingga kurang disarankan penggunaannya dalam Aquascape, hmmmm….

    substrate dan pupuk aquascape
    Pasir Bali

SOIL

Apa itu Soil? Soil adalah Tanah, Titik! Soil mengalami pergeseran makna dikalangan scaper. Kebanyakan dari mereka mengartikan soil sebagai tanah yang sudah diformulasikan dengan unsur-unsur tertentu yang khusus diperuntukan untuk pertumbuhan tanaman air. Hal itu memang tidak sepenuhnya salah, namun yang mereka maksud sebenarnya adalah soil yang dikeluarkan/diproduksi oleh produsen tertentu seperti ADA sehingga namanya jadi ADA SOIL. Tetapi jika kita membahas mengenai Soil secara umum, soil adalah tanah yang sudah mengandung unsur organik serta mineral-mineral penting sehingga dapat menumbuhkan tanaman. Dalam ilmu geologi, bumi kita ini tersusun atas beberapa lapisan, dan lapisan paling atas adalah tanah pucuk atau biasa disebut Top Soil, tempat dimana segala jenis tanaman tumbuh. Jika tidak ada lapisan ini maka bisa dipastikan bumi tidak dapat ditumbuhi tanaman, tebal lapisan ini biasanya berkisar antara 2-3m. Jika tanah ini kita belah seperti halnya kita membelah kue ulang tahun maka akan jelas sekali terlihat lapisan top soil dan lapisan clay (lempung) atau sandstone yang berada di bawahnya.

substrate dan pupuk aquascape
TopSoil

Jika yang ditanyakan adalah, apa itu ADA Soil? Maka jawabannya adalah tanah khusus yang sudah diformulasikan dengan unsur-unsur penting lainnya dan diperuntukan untuk pertumbuhan tanaman air. Soil dalam Aquascape merupakan substrate yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan pasir, keunggulan soil diantaranya :
Tidak perlu lagi penambahan pupuk dasar dalam penggunaannya, soil merupakan paket lengkap yang memang khusus di produksi untuk pertumbuhan tanaman air.
Karena substrate ini berupa tanah maka sifatnya yang berat serta melekat mampu mengikat akar tanaman dengan baik jika dibandingkan dengan pasir.

Kesan natural akan tampak jika Aquascape Anda menggunakan soil sebagai substrate.

Sedangkan kelemahannya terletak pada harganya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan pasir, selain itu biasanya soil memiliki umur pakai sehingga ada kalanya soil akan menjadi padat dan mengeras. Tentunya para expert di bidang Aquascape sudah terbiasa menggunakan soil sebagai substrate, tetapi bagi kita elemen yang satu ini bisa digantikan perannya oleh pasir malang + pupuk dasar. Terdapat beberapa jenis soil yang beredar dipasaran berdasarkan siapa yang memproduksinya, diantaranya

  • ADA Amazonia Soil : Ini merupakan High Class Product serta dipercayai sebagai soil terbaik saat ini untuk Aquascape, diproduksi langsung oleh perusahaan sang maestro Aquascape “Takashi Amano”. Soil jenis ini sudah tidak lagi sulit didapatkan. Di dalam negeri sendiri sudah banyak distributor produk-produk ADA yang menjual soil yang satu ini, selain itu penjual-penjual partai kecil juga pada umunya sudah menyediakan produk yang satu ini. Untuk masalah harga berkisar antara 400-500 rb/9 liter. ADA Soil sebetulnya terbagi dalam beberapa jenis, Amazonia, Malaya dan Africana. Penamaan jenis tersebut memang didasarkan dari sumber/lokasi tanah itu di ambil (katanyaaa).

    substrate dan pupuk aquascape
    ADA Amazonia Soil
    substrate dan pupuk aquascape
    Varian dari ADA Soil
  • Nisso Custom Soil Black : Soil jenis ini diperuntukan khusus untuk Aquascape sama halnya seperti ADA Amzonia selain itu soil ini dipercaya memiliki kemampuan dalam menurunkan PH air, tentu saja itu akan efektif khususnya bagi Anda yang Aquascape nya diperuntukan khusus udang air tawar. Soil ini pun mengklaim bahwa air Anda akan tetap bersih dalam jangka waktu yang panjang jika menggunakan soil jenis ini. Untuk harganya sekitar $6.80 per bag nya dengan berat 1 kg, konversi saja ke rupiah kira-kira jadi berapa mengingat nilai tukar rupiah saat ini pun mengkhawatirkan 😀 . Untuk produk yang satu ini saya kira masih jarang yang menjualnya di dalam negeri, mungkin Anda harus membelinya secara online.
    substrate dan pupuk aquascape
    Nisso Custom Soil Black

  • Ebikuma Shrimp Soil : Soil yang dikhususkan untuk tanaman dan udang. Dikembangkan oleh Breeder red bee terkenal. Kandungannya melimpah dengan mineral alam, mendukung pertumbuhan organisme dan tanaman organisme. Kadar ammonianya tidak signifikan, hanya mungkin sedikit asam pada satu minggu pertama setelah setup.
    substrate dan puuk aquascape
    Ebikuma Shrimp Soil

  • Azoo Plant Grower : Dapat dipakai sampai 18 bulan, menurunkan GH dan menstabilkan pH pada kisaran 6,5-6,8, memurnikan air dari tanin, memperpanjang periode pertukaran air sampai 6 bulan. Tidak merilis amonia dalam minggu pertama setelah setup yang merupakan fitur unik untuk jenis substrat.

    substrate dan pupuk aquascape
    Azoo Plant Grower

  • GEX Plant Soil : Ada dua kemasan yaitu warna hijau dan warna merah, kemasan hijau warna soil hampir hitam sedangkan kemasan warna merah warna soilnya coklat, cocok untuk udang dan tanaman. Nutrisi yang dikandung soil jenis ini masih dibawah ADA Soil.

    substrate dan pupuk aquascape
    GEX Plant Soil

Kesimpulan Pembahasan Pertama

  • Dalam Aquascape, pasir merupakan substrate yang bisa digunakan selain soil dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Pasir malang dipercaya mengandung unsur hara dan unsur-unsur penting lainnya bagi pertumbuhan tanaman. Pasir malang memiliki sifat yang ringan sehingga daya cengkram terhadap akar tanaman kurang baik. Saya tetap menyarankan untuk menambahkan pupuk dasar dalam penggunaan pasir malang.
  • Penggunaan pasir silika biasanya disertai dengan pasir malang dan atau pupuk dasar karena pasir silika tidak mengandung banyak unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Pemilihan pasir haruslah yang memiliki ukuran butir seragam antara 2-3mm dan pasir yang digunakan tidak mempengaruhi parameter air.
  • Soil merupakan substrate terbaik yang bisa Anda gunakan dalam Aquascape. Soil tersedia dalam berbagai jenis dan merek, dan ADA Amazonia merupakan soil terbaik dikelasnya sampai saat ini dengan harga 400-500rb/9 liter.
  • Jika Anda memiliki cukup biaya maka saya sarankan untuk menggunakan soil sebagai substrate namun jika tidak ada biaya, penggunaan pasir bisa menjadi alternatif lain.

 

PEMBAHASAN KEDUA

Sekarang saya akan menjawab pertanyaan no 3 yaitu Seperti apa susunan substrate yang direkomendasikan di dalam akuarium? Penempatan substrate dalam Aquascape memiliki aturan tersendiri agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal nantinya. Perhatikan gambar dibawah ini :

 

substrate dan pupuk aquascape
Susunan Substrate Dalam Aquascape

Dalam gambar tersebut dijelaskan bagaimana susunan substrate dalam Aquascape. Aturan ini berlaku jika Anda menggunakan pasir sebagai substrate ditambah pupuk dasar, sedangkan jika Anda menggunakan soil, susunan seperti itu menjadi tidak berlaku karena soil merupakan substrate tunggal yang dalam penggunaannya tidak perlu menggunakan pupuk dasar atau pasir lagi.

PEMBAHASAN KETIGA

Di pembahasan ketiga ini akan dibahas mengenai Bagaimana cara mengisi air pertama kali agar substrate tidak berantakan? Jika Anda mengisi air dengan cara langsung menuangkannya begitu saja ke dalam akuarium maka bisa dipastikan substrate Anda akan berantakan atau hancur. Untuk mengetahui bagaimana cara mengisi air  pertama kali dalam Aquascape, lihat video berikut : perhatikan di menit ke 07:25.

Ya! Caranya adalah dengan menuangkan airnya terlebih dahulu ke dalam sebuah wadah/mangkuk sehingga air yang meluap dari wadah itulah yang akan mengisi akuarium. Cara ini tidak akan mengakibatkan substrate Anda hancur. Sebetulnya ada cara lain yaitu dengan menggunakan lembaran plastik. Prinsipnya sama dengan metode mangkuk seperti yang ada pada video. Air terlebih dahulu akan dituangkan di atas plastik tersebut agar tidak merusak susbtrate.

PEMBAHASAN KEEMPAT

Pembahasan keempat akan menjawab sisa pertanyaan yang ada, yaitu Ada berapa jenis pupuk dalam Aquascape serta apa perbedaannya? Apakah pupuk wajib dalam Aquascape? Seperti apa aturan pemberian/pemakaian pupuk dalam Aquascape?

Ada 3 jenis pupuk dalam Aquascape berdasarkan waktu dan cara pemakainnya, yaitu Pupuk Dasar, Pupuk Tancap dan Pupuk Cair. Sedangkan berdasarkan kandungannya, pupuk dibagi menjadi 2 jenis yaitu Pupuk Makro dan Pupuk Mikro. Mari kita bahas satu per satu.

Pupuk Dasar (Pukdas) merupakan pupuk yang cara pemakaiannya di awal setup ketika akuarium Anda belum diisi apapun, pupuk ini pada umumnya tampak seperti pupuk NPK atau pupuk kandang untuk tanaman darat. Berupa tanah ataupun campuran tanah dengan unsur-unsur lain. ada 2 cara dalam pemakaian pupuk dasar, pertama pupuk bisa dicampurkan langsung dengan susbtrate misalnya pasir malang, pupuk diaduk dengan komposisi perbandingan 4:1 atau 3:1 antara pasir dan pupuk. Hasil campuan tersebut bisa langsung dimasukan ke dalam akaurium. Cara kedua, pupuk ditaburkan langsung di atas layer 1 (lihat gambar susunan substrate). Banyak jenis pupuk dasar yang tersedia dipasaran dengan merek yang bermacam-macam, diantaranya :

JBL AquaBasis Plus

substrate dan puuk aquascape
JBL AquaBasis Plus

Sera Floredepot

substrate dan pupuk aquascape
Sera Floredepot

Aqua Gizi

substrate dan pupuk aquascape
Aqua Gizi

Pupuk Tancap (Pukcep) adalah pupuk yang pemakaiannya dengan cara ditancapkan pada area sekitar tanaman, artinya pupuk ini dipakai ketika ekosistem Aquascape sudah terbentuk. Berbeda dengan pupuk jenis lainnya, pupuk ini berbentuk padatan entah itu bulat memanjang atau berbentuk seperti tablet. Pemberian pupuk tancap ini bersifat opsional. Pupuk diberikan jika dirasa pertumbuhan tanaman lambat, bahasa saya sendiri menyebut pupuk jenis ini dengan istilah pupuk booster, yaitu pupuk untuk mendorong tumbuh kembang tanaman itu sendiri, artinya tanpa pupuk ini pun tanaman Anda akan tetap tumbuh. Ada banyak jenis pupuk tancap berdasarkan mereknya, namun secara umum prinsip kerjanya sama saja. Contoh pupuk tancap seperti gambar di bawah ini.

substrate dan pupuk aquascape
Pupupk Tancap

Pupuk Cair (Pukcir) merupakan pupuk dalam bentuk cair yang pemakaiannya dilakukan secara berkala. Pupuk cair masuk dalam komponen perawatan karena kita disarankan menggunakan pupuk ini secara berkala 4 hari sekali atau seminggu sekali untuk mendapat hasil yang optimal. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkannya langsung ke dalam akuarium. Pupuk Cair dibagi ke dalam 2 jenis berdasarkan kandungannya, yaitu pupuk cair makro dan pupuk cair mikro. Pupuk cair makro mengandung unsur-unsur utama yang dibutuhkan oleh tanaman yaitu Nitrogen (N), Phospat (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Sulfur (S), sedangakan Pupuk cair mikro mengandung unsur-unsur pelengkap yang dibutuhkan oleh tanaman yaitu Besi (Fe), Mangan (Mn), Boron (B), Molibdenum (Mo),  Tembaga/cuprum (Cu), Seng (Zn), Cobalt (Co), Natrium (Na), Silikon (Si), Nikel (Ni), dan Klor (Cl). Pupuk cair sejuta umat  😀 atau yang sering digunakan oleh para scaper termasuk saya adalah pupuk cair WONDER-GRO. Penampakannya seperti pada gambar berikut : Warna merah pukcir makro, hijau pukcir mikro.

substrate dan pupuk aquascape
Pupuk Cair Wonder-Gro

 

Apakah kita wajib menggunakan pupuk dalam Aquascape? Semua tergantung dari jenis substrate yang Anda pakai, jika Anda menggunakan pasir malang maka jawabannya tidak wajib namun sangat disarankan, Jika Anda menggunakan Aqua Soil seperti ADA Amazonia jawabannya adalah tidak wajib bagi Anda menggunakan pupuk dasar. Pupuk Tancap pun demikin, tidak wajib. terakhir pupuk cair, tidak wajib namun sangat disarankan.

Pertanyaan tambahan, Apakah pupuk akan berpengaruh terhadap ikan yang ada dalam akuarium? Saya katakan pupuk tidak akan banyak berpengaruh terhadap ikan yang Anda pelihara dalam Aquascape terutama pupuk yang sudah saya sebutkan diatas karena pupuk tersebut sudah di desain khusus untuk Aquascape sehingga aman untuk dipergunakan.

Source : Gambar dari Google

<

p style=”padding-left: 30px; text-align: justify;”>

16 thoughts on “Substrate dan Pupuk Aquascape

  1. Tq atas informasinya sangat bermanfaat ilmunya.
    Tapi saya punya pertanyaan.
    Untuk bakteri sebaiknya di taburin dengan ketebalan berapa? Lalu leyer berikutnya apa? Jika saya mau layer yang paling atas aku pakai ada amzonia ketebalan untuk soilnya berapa?
    Thanks before.

    1. Bacteri Starter maksunya? Penggunaan bacteri starter gak usah banyak dan tebal, sedikit aja asal merata penaburannya. Klo soil amazonia dipake untuk layer paling atas ketebalan 2 cm juga udh cukup.

  2. Gan, mau tanya.. kalo taneman tidak menancap dengan sempurna apakah tanaman tersebut akan berkembang atau tidak ? Dan kalo misalnya berkembang apakah bentuknya jadi berantakan ?

    Kebetulan ane pake tanaman jenis cuba. Dan ane coba tancepin ke substrat lumayan susah karna ane pake pasir malang yg butiran besar. Jadi akarnya tidak masuk sempurna.

    Makasih gan

  3. Gan, pemakaian Amazonia soil itu bisa bertahan berapa tahun ya maksimal?

    Kalau campuran pasir malang dengan pupuk dasar berapa tahun?

    Ane cari2 informasi masa pemakaian belum ketemu nih.

  4. mau tanya gan kalo pupuk dasar di gunakan dalam aquascape apakah tidak perlu menambahkan pupuk lain lagi jika dalam jangka waktu panjang

  5. wow thanks.gan. peenjelasan dan.gambarnya komplit. sangat berguna.bwat pemula seperti saya. semoga sukses gan. :))

  6. Gan saya mau nanya, saya bikin aquascape tapi beberapa hari kemudian aquariumnya bocor terus saya kosongin untuk dilem, terus pasir malangnya saya keluarin kan dalam keadaan pasir malangnya udah kecampur sama pupuk dasar. Nah pertanyaannya untuk setup lagi perlu dikasih pupuk dasar lagi gak gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *