Selamat Jalan Takashi Amano, Guru Besar Aquascape dan Bapak Aquascaping Modern

Sebelumnya saya mohon maaf karena hampir 2 bulan penuh kemarin situs ini tidak bisa update artikel, ada permasalahan pada server sehingga saya sama sekali tidak bisa membuat ataupun mengedit artikel di situs ini. Alhamdulillah kemarin situs ini kembali berjalan normal dan ini merupakan postingan saya yang pertama setelah beberapa bulan libur tidak membuat postingan sama sekali. Begitu pun dengan informasi yang akan saya sampaikan kali ini, informasi ini seharusnya saya buat sejak awal bulan Agustus tapi lebih baik telat dari pada tidak sama sekali :D.

Scapers dunia pasti sudah mengenal siapa Takashi Amano dan jika Anda belum mengenalnya silahkan lihat postingan saya mengenai “Apa Itu Aquascape dan Bagaimana Sejarahnya”. Beliau adalah seorang fotografer, penulis, dan pendiri Aqua Desain Amano. Jasa beliau sangatlah besar untuk perkembangan Aquascape di duina dan bisa dibilang beliau lah yang pertama kali mengenalkan konsep Aquascape hingga terus berkembang seperti sekarang ini, sosok Takashi Amano akan menginspirasi banyak orang terutama pecinta Aquascape. Pada tanggal 4 Agustus hari selasa (waktu setempat) beliau menghembuskan nafas terakhirnya di kediamannya di Nigata, Jepang. Beliau meninggal karena pneumonia di usia 61 Tahun.

Selamat Jalan Takashi Amano
Secara Universal Takashi Amano diakui sebagai bapak Aquascaping modern

Sekilas Perjalanan Takashi Amano

Takashi Amano lahir pada tanggal 18 Juli, 1954 di Niigata, Jepang. Selama masa kecilnya ia terus mengembangkan minatnya pada dua bidang yaitu tanaman/tumbuhan dan hewan. Ketika masih di sekolah, ia terkenal karena studinya melibatkan Macropodus chinensis atau biasa disebut ikan surga dari Cina. Pada tahun 1971, selama masa remajanya, ia memulai proyek akuarium pertama, membangun dan memotret Aquarium tanaman (cikal bakal Aquascape).

Selama bertahun-tahun minat Amano pada akuarium harus berdampingan dengan karirnya sebagai seorang pengendara sepeda profesional, olahraga yang ia mulai pada tahun 1974 dan kemudian pensiun dari tahun 1990. Tahun-tahun bersepeda adalah periode berat tapi menguntungkan bagi Amano, dan melalui 1.078 ras yang diperolehnya lebih dari £ 1.000.000, jauh dari penghasilan dia sebagai fotografer ataupun Aquarist pada saat itu.

Pada tahun 1977, awal revolusi seni akuarium dimulai dan dia lah yang pertama menggunakan injeksi CO2 ke dalam akuarium tanaman pada saat itu. Sejak saat itu, ia mulai serius dan terus mendalami Aquascape. Karena Aquascape masih baru baginya, banyak ilmu yang harus ia pelajari termasuk mempelajari bagaimana Aquascape dan tanaman di dalamnya berkembang. Setelah bereksperimen dengan es kering (atau biasa kita sebut bibit es), ia melihat bahwa air berkarbonasi memiliki harga jual tersendiri. Dia kembali ke rumah dengan membawa lima botol air berkarbonasi dan ia tambahkan ke dalam akuariumnya, ia melihat bahwa tanaman semaikin berkembang dan pearling atau mebgeluarkan gelembung pada permukaan daun dan itu merupakan tanda-tanda fotosintesis yang baik dari tanaman air, itulah era baru Aquascape yang sejak saat itu penggunaan injeksi CO2 baru pertama kali dilakukan.

Selama 15 tahan ia berkonsentrasi untuk menyempurnakan teknik Aquascaping nya, berkonsentrasi pada layout dan fotografi bahkan beberapa karya nya pada periode tersebut dapat Anda temukan pada buku-buku Takashi Amano yang paling awal.

Mulai Mengenal Udang

Beliau juga terkenal karena namanya menjadi nama dari salah satu spesies udang air tawar yang dikenal handal dalam memakan alga dan menjadi pembersih akuarium yang baik. Spesies udang tersebut adalah Caridina multidentata namun hingga saat ini dikenal sebagai “Amano Shrimp” atau “Udang Amano”.

Udang Amano
Amano Shrimp

Di awal tahun 80-an, ia memulai percobaan pengendalian ganggang/alga dengan berbagai spesies udang yang ada pada saat itu. Selama beberapa percobaan, udang terbaik berdasarkan percobaannya adalah ‘yamato-numaebi’ dan pada saat itu Amano meminta pemasok untuk menyediakan udang tersebut beberapa ribu ekor untuknya.

Awalnya pemasok pun sedikit kebingungan akan permintaan Amano tetapi setelah Amano meyakinkan bahwa ada sesuatu yang sedang ia kerjakan maka pemasok pun akhirnya bersedia memenuhi permintaannya. Tidak sampai beberapa tahun kemudian yaitu pada tahun 2006 spesies udang secara resmi diidentifikasi dan digunakan dalam Aquascape dan pada saat itu juga udang menjadi komponen pokok dalam Aquascape hingga saat ini.

Jejak Fotografi Takashi Amano

Pada tahun 1991, Takashi Amano masuk dalam nominasi dan memenangkan kontes fotografi JPS. Setahun kemudian, fotonya ‘Oniodori’ – gambar terendam dari wrasse Asia – memenangkan Fuji Film alam foto kontes di Jepang.  Amano adalah spesialis fotografi dalam format besar, menggunakan peralatan seperti Deardoff dan Wisner kamera bidang teknik, beberapa lembar dari fotonya memiliki ukuran 8 x 20 inci. Amano justru menghindari banyak teknik fotografi modern, ia lebih memilih warna dan tekstur yang disediakan oleh Film.

Karya-karyanya telah banyak ditampilkan di seluruh Jepang dan juga di Qatar dan India. Pada tahun 2008 beberapa karya beliau ditampilkan di KTT G8 di Tokyo, yang dihadiri oleh para pemimpin politik dan ekonomi yang paling penting di dunia. Sejak saat itu, Karya fotografi lah yang membawanya ke beberapa tempat di seluruh dunia, termasuk Amazon, Afrika Barat dan Kalimantan untuk kepentingan hobi beliau yang lain yaitu Aquascape.

One thought on “Selamat Jalan Takashi Amano, Guru Besar Aquascape dan Bapak Aquascaping Modern

  1. Greetings to all Алана – who knows where to go , I was told that a lot of is a very qualitative and there are many who offer sex, found on the internet dating site and raised the , the value of 1 hour less than in America or Canada and guarantee elite sexual services, advise, who was in Belgium and enjoyed the services of prostitutes, or at one site, and in the life of another offer? С уж²°ÐÐением ваш друг Снежана

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *