Rekomendasi 5 Algae Eaters Untuk Aquascape

Alga atau ganggang sudah menjadi musuh bersama dalam Aquascape, hampir setiap pemilik Aquascape saya yakin pernah dipusingkan oleh permasalahan alga. Beberapa jenis alga bisa dengan mudah kita atasi namun beberapa jenis lagi memang cukup sulit untuk kita usir. Pengetahuan dasar tentang jenis alga dan cara mengatasinya bisa Anda baca pada artikel 10 Jenis Alga dan Cara Mengatasinya.

Kali ini saya akan memperkenalkan beberapa fauna yang bisa Anda gunakan sebagai ‘tukang bersih-bersih’ di dalam akuarium atau biasa disebut algae eaters. Hewan-hewan ini memiliki fungsi dan peran yang cukup penting dalam mengatasi permasalahan algae, setidaknya mereka mampu mengendalikan populasi algae di dalam tank dengan menjadikan algae sebagai santapannya.

Otocinclus

Ikan yang satu ini sebetulnya masuk dalam spesies catfish atau dalam bahasa Indonesia disebut lele dan merupakan pemakan algae yang cukup efektif. Keunggulan pertama dari Otocinclus adalah ukurannya yang kecil yaitu sekitar 2 inchi dan mereka hidup di permukaan akuarium (dasar) sehingga mereka hampir dapat digunakan di semua jenis ukuran tank. Keunggulan kedua dari ikan ini adalah Otocinclus tidak agresif di dalam tank sehingga Anda akan menikmatinya ketika menyaksikan ikan yang satu ini hidup bersama ikan lainnya di dalam akuarium.

Otocinclus

Otocinclus sangat menyukai brown algae (diatom) yang biasanya muncul pada sebuah Aquascape di masa-masa awal setup. Mereka juga biasanya akan memakan semua jenis algae hijau yang lembut termasuk Green Dust Algae (GDA). Satu-satunya kekurangan dari Otocinclus adalah bisa saja menjadi santapan ikan lain di dalam akuarium terutama jika Anda memelihara spesies Cichilds.

Caridina Japonica (Amano shrimp)

Dipopulerkan oleh Takashi Amano pada akuarium Nature nya, udang ini adalah pemakan algae yang cukup handal yang akan memakan algae yang biasanya tidak dimakan oleh spesies algae eaters lainnya. Amano Shrimp biasanya memakan Hair Algae dan algae hijau atau bahkan membersihkan sisa-sisa pakan di dalam akuarium. Kelemahan dari udang jenis ini adalah cukup sulit untuk berkembang biak di air tawar dan harus berkembang biak air asin namun mereka cukup aman dipelihara bersama ikan lainnya di dalam akuarium dan karena ukurannya yang cukup besar, Amano Shrimp jarang dijadikan mangsa oleh ikan yang lain kecuali jika Anda memelihara ikan Gurame di dalam tank!

Amano Shrimp

Red Cherry Shrimp

Udang jenis ini sangat mudah didapat dan juga mudah berkembang biak di dalam akuarium. Red Cherry Shrimp termasuk udang pemakan algae yang handal dan akan memakan sebagian besar jenis algae di dalam akuarium. Anda perlu berhati-hati ketika mereka berkembang biak karena anak dari udang ini biasanya selalu dijadikan mangsa oleh hampir semua jenis ikan di dalam akuarium termasuk tetra dan guppy. Untuk hasil terbaik pelihara lah 5-7 ekor udang jenis ini di dalam akurium Anda.

Red Cherry Shrimp

Plecostomus (pleco)

Sebetulnya ini adalah ikan sapu yang mudah kita dapatkan di penjual ikan, ikan ini datang dengan berbagai bentuk serta ukuran dan sangat tidak disarankan menggunakan ikan sapu berukuran besar dalam Aquascape, selain mereka akan menyapu habis algae juga akan memakan tanaman Anda. Jika dalam peringkat maka ikan ini saya katakan berada di peringkat puncak dalam hal memakan algae namun kelemahannya ikan ini pun akan sangat tertarik pada tanaman yang Anda pelihara. Solusinya yaitu gunakan ikan sapu dengan ukuran yang kecil dan masih aman untuk digunakan dalam Aquascape.

Ikan Sapu

Crossocheilus siamensis (Siamese Algae Eater or SAE)

Siamese Algae Eaters cukup sering digunakan sebagai ikan pemakan algae namun dibalik itu semua masih terdapat beberapa kekurangan, diantaranya adalah ikan ini hanya memakan algae merah dan hitam. Selain itu, kadang mereka juga tertarik terhadap tanaman termasuk lumut, hairgrass dan mayaca. Nafsu makan mereka akan turun drastis setelah mereka bertelur dan akan sangat agresif ketika sudah cukup tua dengan panjang ukuran badan mencapai 4-5 inchi.

Siamese Algae Eater

2 thoughts on “Rekomendasi 5 Algae Eaters Untuk Aquascape

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *