Sailfin Molly

PROFIL

 Sailfin Molly Nama Ilmiah : Poecilia latipinna
Family : Poecilia
Asal : Meksiko
Ukuran : +10 cm
Suhu Air : 23 – 28oC
pH : 7.0 – 7.4

DESKRIPSI

Ikan Sailfin Molly termasuk ikan yang cukup indah untuk dipelihara, perpaduan bentuk sirip ekor dan punggung yang tidak biasa menjadikan Sailfin Molly sebagai ikan yang cukup populer di kalangan penghobi ikan hias. Jantan Sailfin Molly bisa mencapai ukuran 4-5 inch sedangkan betina biasanya lebih besar lagi yaitu 5-6 inch.

Terdapat berbagai macam warna dari spesies ikan yang satu ini mulai dari hijau, hitam, oranye dan putih. Sirip punggung sang jantan biasanya lebih besar dari betina. Cukup mudah untuk memelihara ikan ini karena sifatnya yang cenderung damai dan tidak agresif, menempatkan beberapa betina untuk satu ekor jantan dalam akuarium bisa menjadi keputusan yang tepat.

Di habitat aslinya, ikan Sailfin Molly hidup di lingkungan air payau oleh karena itu membutuhkan beberapa penyesuaian ketika di tempatkan pada akuarium air tawar. Penggunaan tanaman pun biasanya disenangi ikan ini dan Sailfin Molly aman terhadap berbagai macam tanaman hidup.

Kondisi air yang ideal untuk Sailfin Molly adalah dengan pH berkisar 7.0 – 7.4 dengan suhu air berkisar 23 – 28 derajat celcius. Ikan ini sedikit sensitif terhadap kualitas air sehingga Anda perlu melakukan pergantian air secara berkala untuk menjamin kualitas air akuarium Anda.

Akuarium dengan volume 45 galon adalah volume minimal untuk memelihara ikan ini dan sistem filtrasi yang baik akan tetap menjaga kestabilan air. Keunikan lain dari ikan ini adalah terkadang Sailfin Molly memakan algae/ganggang namun makanan utamanya berupa pakan hidup yaitu larva nyamuk dan udang air asin.

Ikan ini mampu berkembang biak di dalam akurium meskipun sebagian besar Sailfin Molly di kembang biakan di penangkaran. Penting untuk memisahkan induknya ketika telur-telur menetas karena terkadang mereka memakan anaknya sendiri yang baru lahir.

Lihat Juga :

Kategori