Rosy Barb

PROFIL

Rosy Barb Nama Ilmiah : Puntius conchonius
Asal : Afghanistan, Bangladesh, India, Nepal dan Pakistan
Ukuran : +12 cm
Suhu Air : 17 – 22oC
pH : 6 – 8
Family : Cyprinidae

DESKRIPSI

Ikan Rosy Barb sudah cukup populer di kalangan penghobi ikan hias dan ikan ini lebih suka hidup pada kondisi air yang cukup dingin sehingga pastikan suhu air akurium Anda cukup dingin jika ingin memelihara ikan yang satu ini.

Ciri khas dari ikan ini adalah warnanya merah serta bersifat damai dan hidup secara berkelompok di dalam akuarium. Sebetulnya warna asli dari Rosy Barb adalah perak metalic dan siripnya berfungsi sebagai reflektor warna. Ketika musim kawin tiba, sang jantan biasanya merubah warna tubuhnya menjadi kemerahan untuk menarik perhatian sang betina.

Untuk membedakan antara jantan dan betina yaitu betina biasanya lebih besar serta lebih berat jika dibandingkan dengan sang jantan. Ikan Rosy Barb dikenal aman hidup berdampingan dengan tanaman sehinga cocok jika Anda ingin menggunakan ikan dalam Aquascape.

Ikan Rosy Barb mudah untuk berkembang biak dan mampu menghasilkan 300 butir telur dalam sekali pemijahan. Cara terbaik adalah menempatkan induk di akuarium khusus untuk bertelur agar telur-telur tersebut tidak terganggu oleh lingkungan sekitar termasuk filter air karena pada beberapa kasus, telur dari ikan ini sering terhisap oleh filter air.

Spesies Barb Lainnya :

Kategori