Otocinclus

PROFIL

 Otocinclus Nama Ilmiah : Otocinclus vestitus
Family : Loricariidae
Asal : Brasil
Ukuran : 3 – 5 cm
Suhu Air : 22 – 28oC
pH :

DESKRIPSI

Ikan Otocinclus adalah termasuk ikan pemakan algae yang sudah cukup dikenal dikalangan pecinta Aquascape. Ikan ini terkadang menjadi solusi menanggulangi masalah algae di dalam akuarium karena memang Otocinclus lebih banyak menghabiskan hidupnya menempel/menggantung secara vertikal dipermukaan yang datar baik itu kaca, batu, kayu ataupun tanaman.

Otocinclus merupakan ikan pemalu dan termasuk spesies ikan yang hidup secara berkelompok yang biasanya terdiri dari 5-6 ekor dalam satu kelompok. Ikan ini mampu hidup rukun dengan ikan bergerombol lainnya dalam satu akuarium seperti spesies tetra ataupun guppy namun Otocinclus tidak disarankan ditempatkan bersama ikan agresif seperti spesies Cichlid.

Di habitat aslinya, Otocinclus hidup di sungai-sungai dengan air yang mengalir sehingga kondisi seperti itu perlu diterapkan pada akuarium yaitu dengan aerasi yang cukup serta sistem filtrasi yang baik. Kehadiran tanaman hidup juga akan lebih disenangi Otocinclus dengan perpaduan susbtrate yang lembut.

Informasi lain mengenai ikan ini adalah Otocinclus termasuk ikan herbivora yang akan memakan algae/ganggang namun tidak akan memakan tanaman hidup yang berukuran cukup besar. Meskipun begitu, ikan ini sebetulnya tidak bergantung pada ketersediaan algae/ganggang di dalam akuarium, Anda juga perlu memberinya pakan berbasis sayuran baik itu dalam bentuk pelet ataupun serpihan kecil.

Meskipun dimungkinkan untuk membedakan antara jantan dan betina, untuk memastikan keberhasilan pemijahan yang terbaik adalah untuk membelinya dalam satu kelompok dan membiarkan mereka berpasangan di dalam tangki.

Ritual kawin ikan ini mirip dengan spesies Corydoras kemudian biasanya telur disimpan di permukaan tanaman ataupun permukaan substrate yang datar. Telur-telur tersebut akan menetas dalam kurun waktu 3 hari dan bayi Otocinclus harus diberi makanan yang sangat kecil seperti larva crustacea, bubuk kuning telur atau microworms yang sangat kecil.

Kategori