Elatine Hydropiper

Profil
Nama Umum :
Eight-stamen waterwort
Nama Ilmiah :
Elatine Hydropiper
Family :
Elatinaceae
Genus :
Elatine L
Asal :
Asia, Eropa
Struktur Tanaman :
Stem Plants
Ukuran :
2 – 5 cm
Area Penanaman :
Foreground
PH Air :
5 – 7.5
Suhu :
18 – 28o C
Kebutuhan Cahaya :
Sedang – Tinggi
Kebutuhan CO2 :
Sedang – Tinggi
Tingkat Pertumbuhan :
Cepat
Tingkat Kesulitan :
Sulit
Dapat Tumbuh Secara Emersed :

cheklist 20

Deskripsi
Elatine Hydropiper berasal dari perairan dingin di Eropa dan Asia bagian Timur, tanaman ini memiliki karateristik daun yang kompak, membulat, warna daun terlihat segar dengan batang yang menjalar cocok untuk dijadikan tanaman karpet. Daunnya berdiameter sekitar ½-1 cm jauh lebih besar dari diameter daun Hemianthus Callitrichoides “HC Cuba”.

Elatine Hydropiper pertama kali diperkenalkan dan dipasarkan oleh Anbias Plant Company pada tahun 2010 sehingga bisa dikatakan ini masih merupakan tanaman yang baru dalam Aquascape dan hingga saat ini masih ada perdebatan mengenai kesamaan tanaman ini dengan spesies Micranthemum sp a.k.a “Monte Carlo”. Awalnya, populasi tanaman ini dikumpulkan di Italy pada tahun 2010 oleh Adams dan pada tahap itu masih berada pada proses verifikasi apakah ini benar-benar Elatine Hydropiper atau merupakan spesies tanaman yang berbeda.

Setelah itu, Elatine Hydropiper secara luas didistribusikan di Eropa hingga Scandinavia Utara, Serbia hingga China Utara sedangkan di Italy sendiri tanaman ini tumbuh di bagian barat laut dan biasanya tumbuh di kolam, sungai dan rawa-rawa. Sebelum Elatine Hydropiper ini populer di kalangan pecinta tanaman air, sebetulnya sudah ada spesies Elatine yang dipergunakan sebagai tanaman akuarium yaitu Elatine Macropoda dan Elatine Gussonei.

Semenjak didistribusikan pada tahun 2010, tanaman ini dengan cepat menyebar dan menjadi tanaman favorit bagi para aquarist, mereka biasa menggunakan tanaman ini sebagai carpet plant seperti halnya glosso dan hair grass namun diakui oleh mereka yang pernah menanamnya bahwa tidak mudah menumbuhkan tanaman yang satu ini sehingga Elatine Hydropiper hingga sekarang masih dikelompokkan sebagai tanaman advance.

Kategori