Egeria Densa

Profil
Nama Umum :
Anacharis densa
Nama Ilmiah :
Egeria Densa
Family :
Hydrocharitaceae
Genus :
Egeria
Asal :
America Selatan
Struktur Tanaman :
Stem Plants
Ukuran :
3 – 7 cm
Area Penanaman :
Foreground, Midground
PH Air :
5 – 7.5
Suhu :
10 – 28o C
Kebutuhan Cahaya :
Sedang
Kebutuhan CO2 :
Sedang
Tingkat Pertumbuhan :
Cepat
Tingkat Kesulitan :
Mudah
Dapat Tumbuh Secara Emersed :

X 30

Deskripsi
Egeria Densa adalah salah satu tanaman air paling populer yang sering digunakan sebagai tanaman akuarium atau bahkan kolam, tanaman ini juga biasa dikenal dengan sebutan Anacharis, Elodea Brasil atau kadang-kadang hanya Elodea saja. Meskipun Egeria Densa ini sudah diperkenalkan secara luas sebagai tanaman air kecuali di antartika, namun distribusi secara alaminya hanya berasal dari wilayah Brasil, Uruguay dan Argentina.

Tanaman ini mudah ditemukan di alam dalam kondisi terendam di perairan dengan arus yang lambat dan biasanya mereka hidup secara berkoloni sehingga menampilkan sebuah hamparan luas. Egeria Densa adalah salah satu tanaman yang direkomendasikan untuk para pemula di bidang Aquascape dan banyak tersedia di para penjual dengan harga yang cukup terjangkau. Tanaman ini akan tumbuh mengambang atau menancap pada substrate di dalam akuarium dan ketika mereka menemukan kondisi terbaik dan nyaman untuk tumbuh maka pertumbuhannya pun akan semakin cepat.

Spesies tanaman ini dapat bertahan dan tetap tumbuh pada suhu air yang tinggi dalam waktu pendek dengan tingkat pertumbuhan yang melambat tentunya. Jika tanaman ini ditanamn di sebuah kolam saat musim panas maka mereka akan mengembangkan karakteristik daun berwarna sedikit putih dan mampu memunculkan 3 kelopak bunga sekaligus.

Teknik perbanyakan Egeria Densa sangatlah mudah dan sederhana, jika Anda ingin memperbanyak tanaman ini cukup memotong bagian batangnya saja dan tanam kembali pada substrate. Sebetulnya semua bagian batang bisa Anda potong apakah itu bagian bawah ataupun bagian atas namun agar tanaman yang Anda potong tetap memberikan proporsi yang baik di dalam akuarium maka disarankan Anda memotong batang bagian tengah hingga atas, cobalah membagi setiap bagian Egeria Densa menjadi sama rata.

Kategori