Cladophora Aegagropila

Profil
Nama Umum :
Cladophora Ball, Lake Ball, Moss Ball, Marimo, Aegagropila Linnaei
Nama Ilmiah :
Cladophora Aegagropila
Family :
Cladophoraceae
Genus :
Aegagropila
Asal :
Jepang dan Eropa Utara
Struktur Tanaman :
Moss
Ukuran :
Diameter 5 – 10 cm
Area Penanaman :
Foreground
PH Air :
6 – 8
Suhu :
20 – 28o C
Kebutuhan Cahaya :
Sedang
Kebutuhan CO2 :
Sedang
Tingkat Pertumbuhan :
Lambat
Tingkat Kesulitan :
Mudah
Dapat Tumbuh Secara Emersed :
X 30
Deskripsi
Cladophora Aegagropila sebetulnya bukan tanaman melainkan Alga/Ganggang atau lumut yang membentuk sebuah bulatan menyerupai bentuk bola. Alga ini mendapatkan bentuknya dari arus air yang terus bergerak secara dinamis. Cladophora Aegagropila secara alami dapat ditemukan di Jepang dan wilayah Eropa Utara seperti Islandia dan Skotlandia, bahkan alga yang satu ini dilindungi di Jepang setelah itu menyusul di Islandia pada tahun 1920.

Pertumbuhannya sangat lambat yaitu sekitar 5 mm saja per tahun, tidak heran alga yang satu ini diperjual-belikan dengan harga yang cukup mahal. Saya sendiri sering menjumpai alga ini di toko-toko tanaman air. Jika aquascape anda bergaya natural maka menurut saya kurang cocok memasukkan objek yang satu ini ke dalam akuarium. Cladophora Aegagropila lebih cocok pada akuarium bergaya Taiwan yang mengedepankan karakteristik dari objek-objek yang ada di dalam akuarium.

Teknik perbanyakan alga ini bisa dilakukan dengan memotong/membelah alga menggunakan gunting setelah itu anda perlu membentuknya secara manual menggunakan bantuan benang agar tetap berbentuk bulatan, jika tidak dibentuk sejak awal maka proses pembentukan alga menjadi bulatan secara alami memakan waktu yang cukup lama. Seiring pertumbuhannya, benang yang anda gunakan akan tertutupi oleh pertumbuhan alga itu sendiri. Meskipun pertumbuhannya sangat lambat, alga yang satu ini tidak banyak menuntut dalam hal pencahayaan ataupun CO2 dan nutrisi. Alga ini sangat unik menurut saya karena dia digunakan atau berperan layakanya tanaman aquascape. Terakhir, anda harus berhati-hati jika di akurium anda terdapat alga ini dengan diameter yang kecil karena bukan tidak mungkin akan terhisap oleh filter dan justru menyumbat filter.

Kategori