Black Brush Algae (BBA)

Deskripsi : Black Brush Algae sering tumbuh di tepi/ujung daun tanaman yang memiliki karateristik pertumbuhan lambat. Selain itu, BBA juga bisa tumbuh pada media kayu dan peralatan mekanik seperti input filter ataupun peralatan lainnya yang berada di dalam tangki. Kadang-kadang juga alga ini tumbuh di tangki dengan arus yang terlalu kuat dan dapat tumbuh hingga 0.5 cm (panjang).

Penyebab : Di akuarium dengan tingkat pencahayaan tinggi, munculnya Black Brush Algae merupakan indikasi dari tingkat CO2 yang rendah atau berfluktuasi atau sirkulasi air yang tidak cukup di sekitar tanaman. Sedangkan di akuarium dengan tingkat pencahayaan rendah, ini bisa disebabkan dari perubahan drastis kadar CO2 terlarut.

Solusi : Di akuarium dengan tingkat pencahayaan tinggi Anda perlu untuk meningkatkan intensitas CO2 dan atau meningkatkan sirkulasi air di sekitar tanaman, ingat! sirkulasi yang efektif itu adalah di sekitar tanaman. Mencabut atau memotong alga secara manual sebanyak yang Anda bisa setelah itu meningkatkan intensitas/kadar CO2 di dalam tangki dan pastikan pada tahap ini sirkulasi air di tangki Anda sudah baik.

Jika akuarium Anda termasuk menggunakan tingkat pencahayaan rendah dan tanpa injeksi CO2 maka disarankan tidak mengganti air terlalu sering karena Black Brush Algae biasanya muncul akibat dari fluktuasi kadar CO2 secara drastis.

Hal itu terjadi ketika Anda mengganti air menggunakan air keran yang tidak memiliki cukup CO2 terlarut sehingga perlu waktu yang cukup lama untuk menyamai kondisi air sebelumnya. Cara lain adalah dengan menggunakan algae eater seperti ikan SAE (Siamese Algae Eater) yang mampu memakan BBA sehingga dapat digunakan untuk mengendalikan pertumbuhan alga di dalam tangki.

Kategori