Perbedaan Vivarium, Aquarium, Terrarium dan Sejenisnya

Pembahasan kali ini bukan hanya penting bagi pecinta ikan namun secara umum penting bagi pecinta tanaman, reptil dan hewan lain yang sering ditempatkan pada sebuah kandang/wadah tertutup. Aquascape sendiri hanyalah sebagian kecil seni yang menggunakan wadah berupa aquarium namun diluar itu ternyata banyak istilah yang membedakan satu sama lain dan sebuah aquarium tidak lagi digunakan hanya untuk hewan aquatic saja namun reptil dan tanaman hias pun terkadang menggunakan media aquarium.

Baca Juga : Apa Itu Aquascape dan Bagaimana Sejarahnya.

Lebih jelasnya, yang akan dibahas kali ini adalah mengenai istilah Vivarium, Aquarium, Terrarium, Paludarium dan Riparium. Apa pengertian dari masing-masing istilah tersebut? Seperti apa contoh dari masing-masing istilah tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini…

1. Vivarium

Istilah Vivarium sendiri berasal dari bahasa latin “Vivaria” yang berarti “place of Life” – “Tempat Kehidupan” dan “Arium” yang berarti sebuah wadah/tempat/kandang tertutup. Dalam hal ini, istilah Vivarium bersifat umum/generic karena segala macam bentuk kehidupan/ekosistem yang ditempatkan pada sebuah wadah tertutup bisa disebut Vivarium.

Aquarium, Terrarium, Paludarium, Riparium dan sejenisnya adalah contoh bentuk dari Vivarium oleh karena itu istilah ini sudah digunakan jauh-jauh sebelum munculnya istilah yang lebih spesifik seperti Terrarium, Paludarium dll. Termasuk Aquascape adalah salah satu bentuk dari Vivarium sebetulnya.

2. Aquarium

Aquarium adalah istilah yang berasal dari bahasa latin juga yaitu “Aquaria”/”Aqua” yang berarti air dan “Arium” yang berarti sebuah wadah/tempat/kandang tertutup. Yang dimaksud dengan istilah tertutup disini bukanlah sepenuhnya tertutup tanpa celah namun sebagian besar sisinya memiliki dinding.

Pengertian awal dari Aquarium ini adalah suatu ekosistem air yang ada pada sebuah wadah tertutup. jelas bukan? Jika kita berbicara mengenai ekosistem air mahluk apalagi yang dominan jika bukan ikan dan tanaman air? Oleh karena itu, saya pikir keliru jika istilah Aquarium ini diartikan sebagai wadah/tempat untuk memelihara reptil, hamster dan hewan darat lainnya.

Lebih jelasnya, Aquarium adalah ekosistem hewan aquatic dalam hal ini ikan yang ditempatkan pada sebuah wadah tertutup yang biasanya terbuat dari kaca (jaman dulu) dan acrylic (jaman sekarang) atau bisa juga diartikan sebagai tempat/wadah/kandang tertutup yang digunakan khusus untuk hewan aquatic dan ketika wadah tersebut digunakan untuk hewan non aquatic maka tidak bisa lagi disebut sebagai Aquarium tapi lebih ke Terrarium.

Aquarium
Ini Adalah Contoh Aquarium
Aquarium
Ini Tidak Bisa Disebut Aquarium

Namun, kita tidak bisa terlalu kaku dalam menerjemahkan arti kata Aquarium. Sebuah wadah yang terbuat dari kaca identik dengan istilah Aquarium dan pengertian itu pula yang sudah melekat di masyarakat.

3. Terrarium

Sama seperti dua istilah sebelumnya, istilah Terrarium pun berasal dari bahasa latin “Terra” yang berarti “Earth” atau “Land” dan “Arium” yang berarti wadah tertutup sehingga arti dari istilah Terrarium adalah suatu ekosistem darat yang dibentuk di dalam sebuah wadah tertutup baik itu ekosistem tanaman ataupun hewan darat.

Hewan yang mungkin di pelihara di dalam sebuah wadah tentunya hewan yang berukuran kecil seperti reptil dan ampbhibi oleh karena itu istilah Terrarium sendiri erat kaitannya dengan memelihara reptil disertai tanaman di dalam sebuah wadah kaca.

Pastinya Anda sudah pernah mengunjungi kebun binatang dan perhatikan kandang hewan-hewan besar seperti singa, beruang dll. Keadaan seperti itu bisa saja disebut terrarium jika memang kandang dari hewan-hewan tersebut tertutup atau indoor dengan syarat ekosistem di dalam kandang harus mirip dengan ekosistem aslinya di alam bebas.

Bisa juga sebuah Terrarium dibuat tanpa melibatkan hewan di dalamnya yang artinya Anda murni memelihara tanaman darat di dalam sebuah wadah tertutup. Lihat beberapa contoh foto dari Terrarium…
Aquarium
Aquarium
Aquarium

4. Paludarium

Paludarium pun adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yaitu “Palus” yang berarti rawa dan “Arium” yang berarti wadah/tempat/kandang tertutup sehingga Paludarium adalah sebuah seni yang menggabungkan beberapa ekosistem sekaligus di dalam sebuah wadah tertutup namun yang diutamakan dalam Paluadrium adalah menciptakan lingkungan rawa di dalam sebuah wadah.

Ekosistem yang dimaksud adalah ekosistem air, darat dan udara yang ditempatkan dalam satu wadah. Anda dapat melihat ketiga lingkungan yang berbeda itu sekaligus. Ekosistem udara biasanya diwakili dengan kehadiran burung di dalamnya, ekosistem darat diwakili tanaman darat, amphibi ataupun reptil dan ekosistem air diwakili ikan dan tanaman air. Disini letak perbedaan antara Aquascape dan Paludarium, Aquascape biasanya murni menggunakan tanaman air sedangkan pada Paludarium Anda dapat menggunakan tanaman air dan darat secara bersamaan.
Aquarium
Aquarium

5. Riparium

Istilah Riparium terdiri dari kata “Ripa” yang berarti “River” (sungai) dan “Arium” yang berarti sebuah tempat/wadah/kandang tertutup. Riparium adalah kondisi ketika Anda menumbuhkan tanaman di dalam sebuah wadah dalam keadaan terendam setengahnya. Saya belum yakin dengan definisi ini namun jika kita mencari contoh dari Riparium di Google maka kondisi seperti itulah yang muncul. Contoh, lihat foro berikut…
Aquarium
Aquarium

Bagaimana? sudah jelas mengenai pengertian dari masing-masing istilah tersebut? Sudah bisa membedakan antara Terrarium dan Paludarium? 🙂 Baik, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua…

Foto-foto diatas diambil dari berbagai sumber dengan kebijakan “Gambar/Foto yang bebas digunakan dan dibagikan” melalui sistem penelusuran “Google Advanced Search”.

One thought on “Perbedaan Vivarium, Aquarium, Terrarium dan Sejenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *