Perawatan Aquascape

Perawatan Aquascape atau Maintenance

Saya merasa perlu untuk melengkapi postingan saya tentang Setup Aquascape dengan artikel ini. Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa Perawatan Aquascape (Maintenance) merupakan 20% dari kegiatan Aquascape, 80% sisanya meliputi tahap perencanaan sampai dengan eksekusi membuat Aquascape itu sendiri atau melakukan setup. Jika Anda sudah berhasil melakukan setup Aquascape berarti Anda sudah menyelesaikan sekitar 80% pekerjaan Aquascape. Saya berani memberikan porsi kecil pada tahap perawatan Aquascape karena ini tidak sesulit dan memakan waktu lama seperti halnya Anda membuat Aquascape, perawatan Aquascape tidak dilakukan setiap hari. Namun, porsi 20% ini yang akan menentukan keberhasilan Aquascape Anda dalam jangka panjang.

Silahkan Anda membuat/setup Aquascape sesempurna mungkin, silahkan lengkapi Aquascape Anda dengan peralatan yang canggih+mahal, namun jika dalam langkah perwatan Anda gagal maka semua usaha Anda itu tidak akan ada artinya. Oleh karena itu, saya sarankan untuk terus menggali informasi mengenai teknik-teknik atau prinsip dasar yang harus Anda kuasai dalam merawat Aquascape. Teknik perawatan Aquascape akan terus berkembang dari waktu ke waktu, bermacam-macam teknik akan terus bermunculan kedepannya, yang pasti itu akan semakin memudahkan kita dalam melakukan perawatan. Saya sering mendapat pertanyaan dari teman-teman yang belum mengenal Aquascape, kira-kira pertanyaannya seperti ini… “wah itu Aquascape ya, PASTI ngerawatnya susah yaaa…?” nah, pertanyaan itulah yang biasanya membuat orang berpikir 10 atau bahkan 1000 kali untuk membuat aquascpae. Anggapan mereka sendiri yang memupuskan hasrat/passion mereka untuk membuat Aquascape 😀 . Jarang dari mereka yang menanyakan tentang tahap pembuatannya, sulit atau tidaknya. Mereka selalu terfokus pada tahap perawatan yang justru merupakan bagian kecil dari serangkaian kegiatan Aquascape.

Baiklah kita masuk ke inti pembahasan dan simak pembahasannya di bawah ini, jika ada pertanyaan jangan ragu untuk menggunakan kolom komentar, saya orangnya gak ngigit kok! Selama itu saya tau saya akan jawab namun jika itu diluar pengetahuan saya mari kita diskusikan bersama. Berikut beberapa jenis perawatan dalam Aquascape :

  • perawatan aquascape
    Water Change

    Water Change : Water Change adalah kegiatan mengganti air sebagian pada Aquascape. Dalam jangka waktu tertentu ada kalanya air harus diganti sebagian untuk tetap memastikan Aquascape Anda bersih dan bebas dari zat-zat berbahaya. Penggantian air juga dilakukan untuk membuang kelebihan nutrisi di dalam akuarium dengan kata lain kita berusaha me-reset kembali kandungan nutrisi dalam akuarium dengan penggantian air. Kenapa kita perlu melakukannya? bukannya sudah ada filter? Filter bukan alat yang akan menjamin air Anda bersih sepanjang waktu. Seiring terbentuknya ekosistem dalam akuarium maka senyawa beracun mungkin saja muncul apalagi jika Aquascape Anda diisi ikan. Zat-zat beracun bisa muncul dari sisa-sisa pakan ikan dan kotoran ikan itu sendiri. Sederhananya, pada masa awal aquscape Anda (umur di bawah 2 bulan) dianjurkan mengganti air secara rutin sekitar 1-2 minggu sekali, air yang diganti hanya 40-50% saja. Namun jika Aquascape Anda sudah cukup berumur (diatas 2 bulan) maka lebih dianjurkan jangan terlalu sering mengganti air seperti halnya Anda mengganti air di masa-masa awal Aquascape Anda, namun Anda tetap diwajibkan untuk mengganti air. Aquascape yang berumur lebih dari 2 bulan bisa diasumsikan sudah cukup mature, artinya ekosistem dalam akurium sudah mulai terbentuk dan bakteri pengurai sudah mulai berkembang. Jika Anda sering mengganti air ketika ekosistem sudah terbentuk dikhawatirkan itu akan menganggu keseimbangan ekosistem Aquascape Anda. Cukup 1-2 kali penggantian air tiap bulannya sebanyak 30-40% saja. Selain untuk menyingkirkan zat beracun, mengganti air akan membantu Anda terhindar dari pertumbuhan algae yang tak terkendali, mengganti air biasanya menjadi salah satu solusi menanggulangi algae dalam Aquascape. Ini merupakan prinsip dasar dalam mengganti air. Saya akan coba membahas penggunaan Tools yaitu “Water Change Calculator” sebagai panduan dalam mengganti air pada postingan selanjutnya.

  • perawatan aquascape
    Pemberian Pupuk Cair

    Pemberian Pupuk : Pupuk atau Aquascape Fertilizer merupakan komponen penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Dalam hal ini pemberian pupuk berupa pupuk cair dan pupuk tancap (jika dirasa perlu). Yang paling utama adalah pemberian pupuk cair (pukcir), seperti yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya mengenai apa itu pupuk cair beserta fungsinya. Contoh pupuk cair yang saya gunakan adalah Wonder-Gro yang terdiri dari 2 jenis yaitu pupuk cair makro dan pupuk cair mikro. Pukcir makro mengandung elemen utama sebagai nutrisi yang dibutuhkan tanaman sedangkan pukcir mikro mengandung elemen pelengkap yang didominasi zat besi sebagai nutrisi bagi tanaman. Cara pemberiannya cukup mudah, Anda tinggal menyemprotkannya ke dalam akuarium. pukcir makro memiliki dosis penggunaan yang lebih tinggi jika dibandingkan pukcir mikro. Dalam kasus saya dengan dimensi akurium 80x40x40 total volume air sekitar 128 liter, dosis yang saya berikan 2-3 semprot (sistem pompa) untuk makro setiap 4 hari sekali, untuk mikro dosis yang saya berikan 1-2 semprot setiap 4 hari sekali. Tidak perlu khawatir karena biasanya produk pukcir yang Anda beli disertai keterangan dosis penggunaan di belakang kemasannya sesuai dengan volume air akuarium Anda. Perlu diperhatikan, dosis pukcir yang diberikan tidak boleh berlebihan. Ketika pukcir berlebih di dalam akuarium maka itu akan dimanfaatkan oleh algae untuk berkembang, pukcir tidak efektif digunakan oleh tanaman karena dosis yang Anda berikan terlalu banyak, sisa-sisa pukcir itulah yang akan dimanfaatkan oleh algae. Untuk pupuk tancap hanya digunakan jika perlu saja, jika pertumbuhan tanaman tidak normal atau dirasa lambat maka penggunaan pukcep bisa menjadi solusi. Cara penggunaannya cukup tancapkan saja di area tanaman yang pertumbuhannya lambat. Saya sendiri tidak pernah menggunakan pupuk tancap.

  • perawatan aquascape
    Media Filter

    Mengganti Media Filter : Yang dimaksud mengganti media filter adalah mengganti media yang ada di dalam filter tersebut seperti kapas filter, membersihkan rumah filter jika dirasa perlu. Filter dalam Aquascape memiliki dua fungsi, pertama adalah fungsi mekanis yaitu menyaring air agar air selalu dalam keadaan bersih, kedua adalah fungsi biologi dimana filter yang Anda gunakan diharapkan dapat menetralisir zat-zat beracun yang terkandung dalam air. Fungsi kedua ini biasanya dijalankan oleh zat carbon dan bakteri yang hidup dan berkembang biak dalam rumah bakteri. Untuk rumah bakteri memang sebaiknya jangan terlau sering dicuci karena itu akan membuang bakteri pengurai yang sudah lama hidup di media itu. Saya biasanya hanya mengganti kapas filter saja jika dirasa sudah terlalu kotor sehingga tetap akan menjaga efektifitas penyaringan air. Ada dua pendapat dalam hal ini, yaitu Anda bisa mencuci kapas filter yang sudah kotor dan memasukannya kembali ke dalam filter, kedua Anda bisa mengganti kapas tersebut dengan yang baru.

  • perawatan aquascape
    Aquarium Siphon

    Aquarium Siphon : Ini merupakan kegiatan membersihkan substrate terutama jika Anda menggunakan pasir atau gravel sebagai substrate. Cara kerjanya seperti vacum cleaner, menggunakan alat khusus untuk menghisap kotoran-kotoran dari tumpukan substrate atau kotoran yang tersembunyi di bawah substrate. Saya biasanya melakukan ini bersamaan dengan water change itu pun hanya menggunakan selang biasa. Jika Anda ingin mencobanya menggunakan selang biasa perhatikan jarak antara kepala penghisap dengan substrate karena jika terlalu dekat susbtrate akan ikut terhisap, kecuali menggunakan alat khusus yang memang untuk siphon. Masih belum paham apa itu teknik siphon? Perhatikan video berikut!

[su_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=p-jT3uDjbks” modestbranding=”yes” https=”yes”][/su_youtube_advanced]

  • Atau Anda bisa membuat alat siphon sendiri dengan cara DIY, simak video tutorialnya di bawah ini :

[su_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=Y32In3GZxmQ” modestbranding=”yes” https=”yes”][/su_youtube_advanced]

  • perawatan aquascape
    Trimming Tanaman Darat

    Trimming (Memangkas) : Trimming adalah kegiatan memangkas tanaman seperti halnya tanaman di darat, pastinya Anda sudah sering melihat orang yang sedang memangkas tanaman baik itu di halaman rumah ataupun di taman-taman di sebuah komplek perumahan. Tujuannya selain agar terlihat rapih, proses trimming pun diharapkan dapat memicu pertumbuhan tanaman. Dalam Aquascape, proses pemangkasan juga perlu dilakukan untuk beberapa jenis tanaman terutama jenis carpet plant seperti hair grass, HC Cuba, Tenellus dsb. Pemangkasan dilakukan jika tanaman tersebut sudah tumbuh terlalu tinggi sedangkan tanaman tersebut berada di bagian depan atau foreground plant. Agar tanaman dibelakangnya tetap terlihat dan agar tanaman foreground tersebut tetap terlihat rapi perlu dilakukan pemangkasan. Pemangkasan bisa dilakukan menggunakan gunting biasa namun jika Anda ingin lebih mudah lagi gunakan gunting khusus untuk trimming Aquascape.

    perawatan aquascape
    Trimming pada Aquascape

Itu merupakan serangkaian kegiatan perawatan Aquascape/maintenance yang perlu Anda lakukan jika ingin Aquascape Anda tetap bersih. Perawatan dilakukan bukan hanya demi kepentingan estetika tetapi Aquascape yang bersih akan menunjang pertumbuhan tanaman yang optimal dan sehat tentunya. Langkah terakhir sekaligus penutup dari saya adalah Controlling, kendalikan intensitas CO2, kendalikan intensitas/durasi pencahayaan, kendalikan pertumbuhan algae dan Bersihkan kaca akuarium bagian dalam maupun luar. Dengan begitu saya harap aquscape Anda akan tetap bersih dan tanaman tetap segar serta berkembang dengan baik!

18 thoughts on “Perawatan Aquascape

  1. Mas Anggriyawan, saya hanya mau bilang ” mantap banget websitenya mas Anggri ini “. Website yang membahas materi khusus tentang aquascape dan tentunya sesuai dengan hobi/keahliannya mas Anggri. Jos lah

    1. Waduh terima kasih mas Syamsu sudah berkunjung… dibalik itu semua sebetulnya saya sendiri masih sedikit kesulitan mengembangkan blog ini makanya saya pake sistem open source haha jadi siapapun bisa menulis disini sebagai kontributor…. 🙂
      Sukses terus buat mas Syamsu…

  2. Mas Anggri

    Setelah membaca artikel diatas, wawasan saya jadi lebih bertambah terkait bagaimana merawat Aquascape saya.  Namun masih ada yang kurang jelas(kurang detail).. berapa dosis pukcir yang ideal/ disarankan, berapa lama pencahayaan ideal, dll.  Aquascape saya sudah berumur 10 bulan baru bisa terlihat pertumbuhannya (periode penanaman pertama sudah mati semua).  apakah sudah waktunya pembersihan filter juga.  Filter saya Jebo dgn 4 tingkat.  saat ini mulai tumbuh sedikit hair algae, dan sudah saya treatment setiap hari agar algae tidak meluas kemana-mana.  mohon pencerahannya

     

     

      1. Mengenai dosis pukcir saya tidak ingat tapi yang jelas biasanya di setiap kemasan pukcir yang Anda beli ada keterangan dosisnya, masalahnya tiap merek pukcir biasanya beda-beda dosis pemakaiannya. Klo saya dulu tank ukuran 80x40x40 pukcir yg dipake wonder gro makro mikro, dosisnya setiap kali penggunaan 3-4 pompa dan untuk pukcir mikro lebih sedikit dari itu pemakaiannya, pemberian 3-4 hari sekali.
      2. Mengenai durasi pencahayaan biasanya yg iedal 8 jam/hari, yang terpenting itu adalah cahaya yang kita gunakan untuk tanaman tepat baik dari jenis lampu nya sampai pemilihan spektrum warna cahaya dan sebaiknya menggunakan LED. Kondisi terbaik bagi tanaman untuk tumbuh adalah di alam liar dan lihat berapa jam durasi sinar matahri menyinari bumi, tiru keadaan tersebut ke dalam akurium.
      3. Umur Aquascape 10 bulan seharusnya sudah benar-benar cukup mature dan tanaman sudah tumbuh dgn baik, pada periode tersebut biasanya sudah melewati beberapa tahap pemangkasan. Untuk masalah filter klo emang selama ini belum pernah dibersihkan sama sekali ya sebaiknya dibersihkan tapi untuk media filter seperti rumah bakteri (klo emg pake) jangan ikut dibersihkan. Ganti spon/busa filter sama yg baru dan bersihkan rumah filter nya.
  3. Punya java moss umur 3 minggu  jlan tank 60.30.30 kondisinya menguning sebagian.. penyebabnya apa yah

    Mhon pncerahannya

  4. Top markotop, cukup detail, tetapi bagi pemula masih bingung ketika berhubungan dgn pencahayaan, lampu Tl atau  LED yg pencahayaan 6500 kalvin jd solusinya, saya sendiri menggunakan….. Apa mungkin pertumbuhan tanaman akan bagus……Tq

     

     

  5. java moss menguning itu lebih disebabkan karena suhu air.java moss tidak bisa hidup pada suhu diatas 28 c.Aku sudah banyak bereksperimen dengan java moss. Ada yang saya kasih kipas ada yang ditempatkan dalam ruangan kamar tertutup ada yang dikasih co2 ada yang tidak maka kesimpulan java moss banyak dipengaruhi suhu air.

  6. Mas, Saya baru memulai aquascape, yang ingin saya tanyakan adalah kapan dimulai pemberian pupuk cair dan CO2 pasca “dekorasi”? Terima kasih

    1. Selesai setup atau dekorasi biasanya air masih keruh, pemberian pupuk cair dan co2 bisa mulai dilakukan ketika air sudah jernih. Sebenernya gak ada patokan khusus…

  7. Mas usia aquascape sy baru 1 hari sdh muncul seperti keong kecil. Gmn cara membasmisnya? Ini belum ada ikan dan udangnya.

    1. Kok bisa satu hari udh muncul hama, coba pakai ikan seperti CAE, SAE atau keong assasin. Banyak yang jual coba cari. Yang terpenting perhatikan kebersihan tank, pemberian pupuk cair jangan terlalu banyak. Oo ya, coba di masa2 awal, tingkatkan frekuensi penggantian air, bisa 2/3 hari sekali ganti air setengahnya.

  8. Aquascape saya uk 60.30.35 idealnya untk jmlah ikan sama udang dan CAE brp boz ya… Matur nuwun pencerahan nya

  9. Penggunaan pupuk cair apakah wajib? Lantas kegunaan CO2 untuk apa?

     

    Mohon pencerahan nya masih pemula wkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *