Kenapa Penggunaan Sinar Matahari Secara Langsung Tidak Disarankan Dalam Aquascape?

Artikel kali ini sedikit melanjutkan artikel saya sebelumnya yaitu tentang “Durasi Pencahayaan Dalam Aquascape“. Ada 2 poin penting yang akan dibahas, yaitu :

  1. Jika memang matahari adalah metode pencahayaan terbaik untuk tanaman kenapa tidak kita gunakan saja untuk Aquascape sehingga murni tidak menggunakan lampu tapi 100% mengandalkan dari pencahayaan matahari.
  2. Kenapa jika akuarium tanaman kita murni menggunakan pencahayaan dari matahari maka justru akan menimbulkan banyak masalah seperti tumbuhnya alga.

Sudah dijelaskan bahwa sistem pencahayaan pada Aquascape meniru konesp sinar matahari, ini ditandai oleh hadirnya konsep PAR yang menjelaskan tentang rentang panjang gelombang cahaya yang sesuai dan dibutuhkan tanaman dalam proses fotosintesis. Meskipun begitu, ternyata disarankan kita tidak menggunakan sinar matahari secara langsung untuk Aquascape, kira-kira apa alasannya?

Sinar Matahari

  1. Sinar matahari sangat baik bagi pertumbuhan tanaman namun juga baik bagi pertumbuhan alga, inilah sebabnya Aquascape/akuarium yang terpapar sinar matahari secara langsung meningkatkan resiko tumbuhnya alga. Di dalam bebas pun seperti itu, selain tanaman yang terus berkembang, sejumlah alga juga ikut tumbuh dan berkembang.
  2. Aquascape adalah sistem tertutup yang menggunakan media akuarium sehingga penggunaan sinar matahari secara langsung pada Aquascape dapat meningkatkan suhu air dengan sangat cepat, efek peningkatan suhu akan semakin terasa ketika Anda menggunakan akuarium yang sangat kecil.
  3. Masih berkaitan dengan poin 2 yaitu jika peningkatan suhu air semakin cepat terjadi maka proses penguapan pun semakin cepat berlangsung. Akuarium anda akan dengan cepat kehilangan sejumlah air karena proses penguapan. Semakin cepat Anda kehilangan air maka keseimbangan parameter air akan sulit terjaga karena Anda akan memerlukan penambahan air baru setiap harinya ke dalam akuarium.
  4. Ketika tanaman Anda menerima sinar matahari secara langsung maka Anda juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi pada kadar yang cukup tinggi.
  5. Sinar matahari memang sumber kehidupan terbaik bagi semua mahluk hidup termasuk tanaman, tetapi perlu diingat bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektifitas sinar matahari yaitu cuaca. Tanaman di alam bebas sudah terbiasa dengan perubahan cuaca yang bisa saja hari ini turun hujan dan esok hari tidak ada hujan sama sekali. Dalam hal ini, sinar matahari tidak selalu tersedia dan Anda tetap memerlukan sebuah sistem pencahayaan yang konstan dan tidak terpengaruh oleh cuaca.

Ada alasan lain yang ingin Anda tambahkan kenapa kita tidak disarankan menggunakan sinar matahari secara langsung untuk Aquascape? Memelihara tanaman pada sebuah akuarium berbeda halnya dengan memelihara tanaman pada sebuah pot atau pada sebuah area terbuka yang cukup luas seperti yang dilakukan oleh para petani. Konsep Aquascape berkaitan dengan sistem tertutup yang akan sangat terpengaruh oleh perubahan suhu sedikit saja.

Jika Anda ingin mencobanya menggunakan sinar matahari untuk Aquascape, tidak ada larangan untuk itu namun Anda harus mampu memastikan dan menjaga keseimbangan parameter Aquascape Anda termasuk mampu menjaga suhu, mampu mengendalikan pertumbuhan Alga dan mampu mengatasi permasalahan cuaca, itu cukup sulit dilakukan jika Anda tidak memiliki banyak waktu.

Pencahayaan dengan menggunakan sebuah lampu pada Aquascape adalah merupakan versi aman dan stabil dari sinar matahari. Lampu memeiliki peran yang sama dengan matahari dalam menunjung kehidupan tanaman. Lampu tidak akan terpengaruh oleh cuaca dan mengenai spesifikasi cahaya dari lampu bisa Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan tanaman. Suhu dari cahaya yang dihasilkan oleh sebuah lampu pun tidak se-ekstrim cahaya matahari.

Beberapa orang sebetulnya menggunkan sinar matahari untuk Aquascape tapi kebanyakan diantara mereka tidak membiarkan Aquascpenya secara langsung terpapar sinar matahari. Anda bisa saja memanfaatkan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan rumah melalui sebuah jendela dan silahkan lihat perkembangan Aquascape Anda, saya yakin itu bukanlah hal buruk karena sudah banyak juga yang mencobanya. Namun tetap akan terdapat perbedaan termasuk efek yang ditimbulkan dari itu semua. Semoga bermanfaat 🙂

Referensi :

  • http://www.aquascapingworld.com/threads/perling-and-sunlight.9426/
  • https://answers.yahoo.com/question/index?qid=20080229074133AAJGK1Q
  • https://answers.yahoo.com/question/index?qid=20120406082340AAykLBa
  • http://www.myaquariumclub.com/sunlight-for-aquarium-plants-706174.html
  • http://www.aquaticplantcentral.com/forumapc/general-aquarium-plants-discussions/12844-using-sunlight-source-light.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *