Durasi Pencahayaan Dalam Aquascape

Ini adalah sebuah pertanyaan yang sering muncul dan sampai kapanpun saya kira akan menjadi pertanyaan yang menarik untuk dibahas. Seharusnya saya pun tidak perlu membuat artikel ini jika saja saya beranggapan bahwa semua pengunjung situs “Jurnal Aquascape” sudah membaca dan memahami semua artikel tentang pencahayaan disini.

Tapi akan coba saya perjelas lagi dan mengambil beberapa kesimpulan dari penjelasan tentang pencahayaan di situs ini, khususnya kali ini saya hanya akan membahas tentang “Durasi Pencahayaan Dalam Aquascape” (ini bukan pembahasan mengenai lampu, jenis lampu dan daya listrik yang diperlukan) tapi ini membahas tentang durasi pencahayaan terbaik dalam Aquascape.

Durasi Pencahayaan Aquascape Pada Umumnya

Secara umum, durasi pencahayaan yang banyak digunakan atau bisa dibilang umum digunakan orang-orang dalam Aquascape adalah 8-12 jam/hari. Ya! idealnya 8 jam/hari. Terlepas dari metode pencahayaannya seperti apa, apakah menggunakan metode Siesta atau metode biasa yaitu pencahayaan secara conitnue tanpa putus dalam sehari.

Dulu saya menggunakan durasi 8 jam/hari untuk Aquascape dan saya rasa itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman akan energi dalam hal proses fotosintesis. Tapi ada konsep lain yang saya percayai lebih tepat dan patut kita pelajari, apa itu? yaitu tentang siklus matahari menyinari bumi dalam satu hari. Anda ingin pintar memasak? belajar lah pada chef atau koki, Anda ingin pintar dalam mengolah suara? belajar lah pada penyanyi! Tapi jika Anda ingin pintar dalam hal memelihara tanaman, belajar lah pada yang menciptakannya yaitu Tuhan.

Saya percaya bahwa kondisi terbaik untuk tanaman tumbuh adalah di alam bebas, karena dari dulu pun memang seperti itu. Semua mahluk hidup di bumi ini sudah ada pemeliharanya yang emang benar-benar tahu apa yang dibutuhkan oleh mahluknya. Ada isitilah yang mengatakan bahwa kita tidak akan pernah benar-benar tahu apa yang kita butuhkan selain Tuhan, kita hanya tahu apa yang kita inginkan. Sehingga ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan terkadang kita menyalahkan Tuhan padahal diri kita tidak tahu apa-apa tentang apa yang kita perlukan sebetulnya, kita hanyalah mahluk egois yang selalu berpikir apa yang kita inginkan itulah yang kita butuhkan. Sorry terlalu melebar bahasannya ๐Ÿ˜€

Konsep PAR Kaitannya Dengan Sinar Matahari

Kembali ke pembahasan, jika Anda ingin memberikan apa yang tanaman butuhkan terkait pencahayaan lihat dan amati cara kerja matahari menyinari bumi. Itulah sistem pencahayaan alami terbaik bagi pertumbuhan semua mahluk hidup di muka bumi ini termasuk tanaman. Tanpa ada campur tangan manusia pun, tanaman di alam bebas sudah tumbuh dengan subur dan Anda pikir mereka mendapatkan pencahayaan dari mana jika bukan dari matahari? ๐Ÿ™‚ Jika Anda mampu setidaknya membuat replika sistem pencahayaan matahari untuk Aquascape, saya jamin tanaman Anda akan tumbuh dengan baik. Bukan mengenai suhu matahari sebenarnya yang harus Anda tiru, tapi dalam hal ini lebih ke gelombang cahaya matahari itulah yang harus kita adaptasikan ke dalam Aquascape meliputi panjang gelombang dan efek radiasi dari sinar matahari.

Durasi Pencahayaan Dalam Aquascape

Masih ingat tentang konsep PAR yang sudah pernah saya bahas? Konsep ini hadir sebetulnya untuk menjelaskan seperti apa gelombang cahaya yang digunakan tanaman dalam proses fotosintesis. PAR menjelaskan mengenai berapa panjang gelombang yang digunakan tanaman untuk berfotosintesis, yaitu kisaran 400 – 700 nm yang mana rentang panjang gelombang tersebut terdiri dari gelombang kasat mata (visible light). Visible light terdiri dari beberapa spketrum warna dan jika disingkat adalah me-ji-ku-hi-bi-ni-u. Anda pasti mengenal warna-warna tersebut sebagai warna pelangi yang sering diajarkan pada kita ketika sekolah dulu. Jika ingin penjelasan lebih lengkap tentang PAR lihat ini, Sumber 1, Sumber 2.

Nah, sebetulnya dengan adanya konsep PAR ini menunjukan bahwa orang-orang memang sudah menyadari dan mengadaptasi prilaku sinar matahari dalam menyinari tumbuhan, mereka pun sadar bahwa hanya matahari lah yang pantas kita tiru dalam menentukan pencahayaan terbaik untuk tanaman termasuk dalam bidang Aquascape. Jika sudah seperti itu, kenapa kita tidak juga menirunya dalam hal durasi? Dari sisi teknis meliputi spesifikasi gelombang kita sudah banyak belajar dari matahari tapi dari sisi durasi sebetulnya diantara kita belum banyak yang mengaplikasikannya.

Apa sulit untuk mengetahui berapa jam matahari menyinari bumi dalam sehari? tidak juga! Sebagai contoh, Anda hanya perlu menggunakan kalkulator ini (klik) jika ingin mengetahui jam berapa matahari terbit dan terbenam setiap harinya. Saya ambil contoh misalnya untuk tanggal 28 September besok, matahari akan terbit pada pukul 05:39 dan terbenam pada pukul 17:47 (untuk wilayah jakarta). Meskipun perhitungan itu tidak sepenuhnya akurat karena hanya sebatas prediksi tapi margin kesalahannya tipis dan kita bisa anggap bahwa matahari menyinari bumi ini selama 12 jam/hari atau dengan kata lain 50% dari waktu kita selama 24 jam dtemani oleh hadirnya matahari. Sudah nangkap apa maksud saya?

Lantas, Berapa Durasi Pencahayaan Yang Diperlukan Tanaman?

Dalam hal ini saya tidak mengklaim bahwa apa yang saya sampaikan 100% tepat tapi setidaknya inilah pandangan saya dan saya yakin kedepannya konsep pencahayaan Aquascape akan mengarah pada cara kerja matahari seutuhnya dalam hal menyinari tanaman termasuk dalam hal durasi.

Jika kita murni ingin meniru durasi matahari dalam menyinari bumi maka kita akan mengambil angka 12 jam/hari! Tapi tunggu dulu!! tidak sesederhana itu dan Anda jangan langsung mengatur timer lampu akuarium Anda untuk pencahayaan 12 jam/hari hanya karena membaca artikel ini setengah-setengah ๐Ÿ˜€

Ada hal lain yang harus kita perhatikan tentang prilaku matahari menyinari bumi, apakah ketika matahari terbit langsung menghasilkan cahaya terang? Apakah ada perbedaan cahaya matahari ketika terbit terus ketika tengah hari dan ketika terbenam? Ya! jelas perbedannya kan? Itu lah yang perlu kita pertimbangkan juga. Jika dilihat dari warna cahayanya maka matahari ketika pertama terbit berwarna agak kemerahan dan ketika tengah hari berwarna kuning cerah, setelah itu bergerak ke sore hari warna cahaya kembali berwarna kemerahan. Betul?

Kita anggap saja itu adalah perbedaan yang terjadi pada kelvin rate cahaya (baca ini jika belum tahu kelvin rate). Sekali lagi apa yang saya sampaikan ini belum tentu benar dan silahkan jika Anda ingin menyampaikan pemikiran lain tentang hal ini. Kita anggap kelvin rate dari sinar matahari 1 jam setelah terbit itu berada pada kisaran 3500K dan ketika tengah hari berada pada kisaran 6500K, bergerak ke sore hari kelvin rate kembali menurun ke angka 3500K. Berarti yang harus kita lakukan adalah mengatur kelvin rate yang sesuai dengan cahaya sinar matahari pada lampu yang akan kita gunakan.

Maaf untuk kesekian kalinya saya harus bilang bahwa Anda harus menggunakan LED untuk memulai skenario ini, karena untuk saat ini hanya teknologi LED lah yang mampu mengakomodasi kebutuhan spektrum warna termasuk kelvin rate dari pencahayaan yang akan digunakan. Jika Anda sudah cukup lama mengenal LED maka tidak sulit untuk memuali skenario ini. Silahkan atur dan pilih LED dengan nilai Kelvin yang sesuai ketika matahari terbit, tengah hari, hingga terbenam.

Perlu diingat, dalam hal ini Anda perlu menggunakan komponen tambahan yaitu dimmer! Dimmer digunakan untuk mengatur intensitas cahaya yang dihasilkan dari LED. Jika Anda pernah menemui lampu misalnya di sebuah hotel yang bisa diatur untuk sedikit redup atau diatur untuk terang sekali, seperti itulah kira-kira contoh dari penggunaan dimmer. Saya kurang paham elektro tapi mungkin cara kerja dimmer ini adalah dapat mengatur besar kecilnya arus yang masuk khususnya arus yang mengaliri sebuah rangkaian LED, ketika arus yang masuk kecil maka nyala cahaya pun tidak begitu terang dan ketika arus yang masuk besar maka nyala cahaya akan semakin terang (CMIIW).

Memulai Skenario Durasi Pencahayaan Matahari Pada Aquascape

Dalam hal ini Anda tetap perlu memperhatikan besaran nilai PAR yang dibutuhkan tanaman, Anda hanya perlu bermain pada besaran nilai Kelvin. Mengenai jam berapa dimulainya pencahayaan itu bebas tidak harus sama seperti matahri yang dimulai pada pukul 05:00 pagi, yang terpenting adalah pencahayaan yang Anda terapkan konstan setiap harinya sehingga terbentuklah siklus nantinya.

Saat awal anda menyalakan lampu LED (kita anggap itu adalah ketika matahari terbit) berarti Anda harus mengatur bahwa kelvin rate yang dihasilkan berada pada kisaran 3500K, ini nilai yang dihasilkan dari seluruh lampu yang Anda nyalakan. Perlu teknik campur-mencampur spektrum warna disini termasuk mencampur nilai kelvin rate pada LED ๐Ÿ˜€

6 Jam setelah lampu Anda nyalakan (anggap itu adalah fase dimana matahari sedang hot2 nya alias tengah hari) Anda harus mampu mengatur kembali kelvin rate yang dihasilkan lampu Anda dan meningkatkannya pada kisaran 6500-7000K, sekali lagi ini hanya bisa dilakukan jika Anda menggunakan dimmer! Setelah itu, menuju 6 jam sisanya kelvin rate semakin menurun kembali menuju kisaran 3500K menandakan matahari akan terbenam di sore hari. Ngerti kan apa yang saya maksud?

Dalam hal ini, parameter lain tetap diperhatikan seperti pemilihan spektrum warna jangan sampai Anda menggunakan warna yang didominasi warna hijau dan kuning yang justru akan memicu pertumbuhan algae dan spektrum tersebut tidak terlalu dibutuhkan tanaman. Jujur saja, untuk saat ini mungkin cukup repot jika kita ingin membuat skenario seperti itu. Bukan repot karena penggunaan dimmer tapi mungkin ribet untuk dapat menerapkan sistem pencahayaan seperti itu setiap harinya secara otomatis! Mungkin timer untuk lampu sudah banyak dan mudah kita dapatkan tapi sistem otomatis untuk dimmer saya kurang tahu apakah ada? Anda mungkin yang lebih ngerti elektro dari saya tahu tentang ini.

Jika ada seorang teman yang bertanya pada Anda, berapa durasi pencahayaan untuk Aquascape? Jika teman Anda ingin jawaban yang sederhana dan singkat maka jawab saja durasi pencahayaan Aquascape adalah 8-12 jam/hari, tapi jika teman Anda tidak puas dengan jawaban tersebut dan ingin jawaban yang lebih panjang maka jelaskan semua tentang isi artikel ini pada teman Anda, mungkin awalnya dia garuk-garuk kepala tapi akhirnya bisa paham ๐Ÿ˜€

Sebetulnya masih banyak yang ingin saya sampaikan dan saya anggap artikel ini belum tuntas termasuk tentang :

  1. Jika memang matahari adalah metode pencahayaan terbaik untuk tanaman kenapa tidak kita gunakan saja untuk Aquascape sehingga murni tidak menggunakan lampu tapi 100% mengandalkan dari pencahayaan matahari.
  2. Kenapa jika akuarium tanaman kita murni menggunakan pencahayaan dari matahari maka justru akan menimbulkan banyak masalah seperti tumbuhnya alga.

insyaAllah di kesempatan lain saya akan melanjutkannya. Oke semoga artikel ini bermanfaat dan saya sangat menghargai jika ada yang ingin menambahkan, mengorekasi atau pun berdiskusi tentang bahasan kali ini. Thanks!

2 thoughts on “Durasi Pencahayaan Dalam Aquascape

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *