Cara Menumbuhkan Rotala Hijau (Rotala sp. ‘Green’)

Salah seorang Aquarist terkenal yaitu George Farmer menjelaskan bagaimana cara menumbuhkan Rotala Hijau atau biasa dikenal Rotala sp. ‘Green’ dengan mudah. Rotala hijau adalah tanaman yang belum terdeskripsi dengan baik berasal dari Asia dan cocok untuk akuarium kecil.

Deskripsi Rotala sp. ‘Green’

  • Scientific Name : Rotala sp. ‘Green’.
  • Common Name : Rotala Green.
  • Family : Lythraceae.
  • Origin : Asia
  • Size : 50 x 3 cm
  • Temperature : 18-30 oC.
  • pH : 5-8 very soft to very hard.
  • Lighting : Sedang, bisa juga pada pencahayaan rendah tetapi harus didukung dengan injeksi CO2 dan asupan nutrisi yang baik.
Rotala Hijau
Copyright © George Farmer

Bagaimana Cara Menumbuhkannya?

Rotala sp. ‘green’ atau Rotala hijau adalah tanaman batang/stem yang sangat populer cocok untuk pemula di bidang Aquascape. Hal ini disesuaikan dengan kondisi terburuk dari beberapa parameter baik itu air, pencahayaan ataupun nutrisi. Tanaman ini diyakini dapat tumbuh pada kondisi atau parameter yang kurang baik.

Pertama, gunakan pinset untuk membaginya ke dalam beberapa individu, ketika pertama kali membelinya biasanya tanaman ini dalam bentuk pot. Selain membaginya ke dalam beberapa individu (per batang) Anda juga bisa membaginya ke dalam beberapa kelompok (per kelompok terdiri dari 2-3 batang).

Penggunaan substrate yang kaya akan nutrisi akan sangat membantu pertumbuhan tanaman ini tetapi perannya tidak terlalu vital dan bisa diabaikan terutama jika cara Anda merawatnya cukup baik yaitu dengan pemberian pupuk cair dan injeksi CO2. Pada beberapa kasus yang berdasarkan pengalaman dari orang barat sana 😀 tanaman ini akan tumbuh dengan baik ketika menggunakan 2 buah lampu T8 dilengkapi reflektor dan jarak antara lampu dengan substrate sekitar 45 cm, pencahayaan 8jam/hari. Namun masalah jenis lampu tidak usah khawatir saya lebih menyarankan Anda menggunakan LED! Silahkan baca postingan saya mengenai Tutorial Membuat DIY LED.

Pangkas batang dengan memotongnya pada bagian node daun yaitu pangkal batang pada daun dengan menggunakan gunting. Biasanya 2 tunas baru nantinya akan muncul pada setiap node yang Anda potong tadi, ulangi proses ini jika Anda ingin terus memperbanyak Rotala hingga lebat. Di akurium dengan sistem pencahayaan tinggi, injeksi CO2 dan nutrisi wajib hukumnya dan perkembangan yang baik akan ditandai dengan munculnya gelembung oksigen (pearling) sebagai tanda dari berjalannya proses fotosintesis. Setelah itu perlu dilakukan pemangkasan (trimming) setiap minggu jika diperlukan tergantung dari cepat atau lambatnya pertumbahan rotala di akuarium Anda.

Selamat mencoba!

One thought on “Cara Menumbuhkan Rotala Hijau (Rotala sp. ‘Green’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *