Cara Membuat Pohon Moss

Keindahan Aquascape bisa kita ciptakan dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuat suatu objek nyata di alam bebas seperti hal nya pepohonan. Tidak sedikit para scaper yang menggunakan “pepohonan” di dalam Aquascape dan hal itu akan menunjang konsep atau tema yang sudah dipersiapkan.

Namun pernahkah terbayang bagaimana cara membuat pepohonan di dalam Aquascape sehingga terlihat seperti pohon sungguhan di habitat aslinya? Temukan jawabannya disini, saya akan coba menyajikan sebuah tutorial cara membuat pohon moss di dalam Aquascape namun kali ini format tutorial dalam bentuk video.

Bagi Anda yang tidak bisa streaming jangan khawatir saya juga akan membahasnya dalam bentuk tutorial gambar langkah per langkah pokoknya sampai sobat semua paham.

Tutorial Video Cara Membuat Pohon Moss by Dennis Wong

 

Tutorial Disertai Gambar Cara Membuat Pohon Moss

Alat dan Bahan yang perlu Anda siapkan adalah :

  1. Kayu santigi bonsai atau kayu rasamala untuk media tanam moss. Kayu yang cocok digunakan untuk membuat sebuah pohon adalah yang memiliki banyak percabangan, contoh nya seperti ini…
    membuat pohon moss
  2. Lem atau benang untuk menempelkan/mengikat moss pada media kayu. Sebetulnya Anda bisa menggunakan lem apapun seperti super glue karena nantinya pohon tersebut akan dimasukkan ke dalam Aquascape ketika lem sudah mengering jadi tentunya aman bagi biota air. Namun jika Anda ingin lebih aman lagi bisa menggunakan lem dari Ista yang memang dikhususkan untuk Aquascape dengan harga kurang lebih $10.
    membuat pohon moss
    ISTA Cyanoacrylate Adhesive
  3. Sponge atau busa yang digunakan sebagai media menempelnya moss. Moss tidak langsung ditempelkan pada ranting kayu namun terlebih dahulu ditempelkan pada sponge. Ini bersifat opsional saja karena Anda tetap bisa menempelkannya langsung ke ranting jika mau.
  4. Weeping Moss atau Christmas Moss, ini adalah 2 jenis moss yang memang sering digunakan untuk membuat sebuah pohon dalam Aquascape.

Cara Membuatnya :

  1. Siapkan kayu, tempelkan potongan kecil dari sponge ke setiap ranting/percabangan kayu. Anda bisa menancapkannya atau menggunakan lem untuk menempelkannya.
    membuat pohon moss
    Menempelkan Sponge Pada Ranting Kayu
  2. Tempelkan moss pada sponge tersebut dengan menggunakan lem secukupnya.
    membuat pohon moss
    Menempelkan Moss Pada Sponge Menggunakan Lem
  3. Lakukan langkah kedua hingga semua area sponge tertutupi moss dan hasil akhirnya akan seperti ini.
    membuat pohon moss
    Kayu Yang Sudah Tertutupi Moss
  4. Tunggu hingga lem benar-benar mengering sebelum memasukkannya ke dalam akuarium. Penampakan di dalam akuarium akan seperti ini.
    membuat pohon moss
    Hasil Akhir

Sederhana bukan? Hanya 3-4 langkah saja yang perlu Anda lakukan. Hal yang paling mempengaruhi dalam membuat pohon ini adalah pemilihan jenis kayu serta bentuk kayu, cara penempatan moss di setiap ranting dan sisanya mengandalkan skill atau keahlian masing-masing. Selamat Mencoba…

Baca Juga : 10 Foreground Plants Yang Cocok Untuk Pemula

14 thoughts on “Cara Membuat Pohon Moss

  1. Bang klo misal pke lem trus nunggu lem’nya kering apa g kelamaan diluar air tuh tanaman… apa gpp klo lama2?. maaf newbie bang, bru pengen bikin beginian… ??

    1. Tanaman air pada dasarnya bisa hidup di darat asalkan dijaga kelembapannya oleh karena itu ada yg namanya metode emersed. Salah satu cara untuk menjaga kelembapan tanaman adalah dengan menggunakan water spray (semprotan air). Jadi selagi nunggu lem nya kering Anda bisa menggunakan water spray untuk menjaga kelembapan tanaman 🙂

    1. spon seperti pada gambar dapat Anda cari di toko kasur terdekat. mohon diperhatikan jangan coba2 untuk diam2 menggunting dari kasur yang utuh; atau Anda akan berurusan dengan pihak yang berwajib  #aquapolice

  2. kalau moss langsung di lem ke batang pohon pke lem super glue/power glue mati apa gak ya om si moss nya, soalnya setau ane lem itu panas. Mohon pencerahannya om, thanks

  3. Kalau masang moss jya setelah kita isi aquarium nya full kira iira bisa bermasalah ga pak? Jadi kita cabut bqtqng pohonya terus di pasang lagi, dengqn komdisi air sudah penuh?

  4. Gan mau nanya ni jenis kayu apa aj yg bisa buat di bikin aquascape slain kayu bakau??? Mohon ilmu nya gan..

  5. Saya juga pemula mas. Kata temen2 saya bisa diikat dengan benang juga. Tapi kalo pake lem, kita gunakan lem apa ya? Maaf, glukol (dan sejenisnya) apa bisa, kan jika nanti terrndam air lagi akan lepas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *