Cara Memasang CO2 Indikator

Yang akan saya jelaskan kali ini adalah cara memasang CO2 indikator ISTA. Alat yang satu ini sangat mudah didapatkan dengan harga sekitar 50 rb (kurang lebih loh yaa… saya kurang tau harga saat ini). Saya harap artikel singkat ini dapat bermanfaat terutama bagi pemula yang baru memulai hobi Aquascape.
memasang co2 indikatorKarena ini berkaitan dengan sistem CO2 Aquascape, maka terlebih dahulu Anda perlu membaca postingan saya yang lainnya tentang sistem CO2 yaitu “Peran Penting CO2 Dalam Aquascape”. Alat CO2 indikator bermacam-macam dan pada dasarnya memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda.

Alat yang satu ini menurut saya yang paling banyak digunakan di dalam negeri terutama oleh pemula seperti saya yang harus memonitor kandungan CO2 terlarut di dalam akuarium. Alat ini akan memberitahukan kita kadar CO2 terlarut di dalam air dengan metode indikasi warna dan istilah lain untuk alat yang satu ini adalah CO2 drop checker. Langsung saja lihat video berikut untuk mengetahui cara memasang CO2 indikator yang benar.

[su_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=50ETroqdkyU” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Penjelasan

  1. Lepas penutup berwarna putih dari wadah/stand.
  2. masukkan cairan CO2 (CO2 Indicator Solution) beberapa tetes saja, lekukan pada wadah plastik tersebut merupakan batas cairan.
  3. Pasang kembali penutupnya, perhatikan posisi penutup yaitu bagian lubang udara harus menghadap ke bawah.
  4. Tempelkan alat tersebut pada kaca bagian dalam akuarium.
  5. Cairan pada awalnya berwarna biru dan jika dalam beberapa jam cairan tetap berwarna biru maka mengindikasikan CO2 terlau di dalam air kurang.
  6. Penjelasan lengkap mengenai indikasi warna adalah : Biru mengindikasikan kadar CO2 terlarut di dalam air kurang, Hijau mengindikasikan kadar CO2 terlarut di dalam air tepat dan Kuning mengindikasikan kadar CO2 terlarut di dalam air berlebih.

Dengan begitu Anda dapat melakukan upaya-upaya untuk memastikan kadar CO2 terlarut tetap dalam kondisi aman. Jika larutan tetap berwarna biru setelah beberapa jam dipasang maka Anda perlu meningkatkan asupan CO2 ke dalam akuarium dan jika berwarna kuning maka Anda perlu mengurangi asupan CO2 ke dalam akuarium.

Semoga sajian video tersebut dapat membantu Anda dalam memasang CO2 indikator yang benar, meskipun video tersebut berbahasa Taiwan saya kira Anda akan dengan mudah memahaminya. Dalam jangka waktu tertentu, Anda perlu mengganti cairan tersebut dengan yang baru untuk tetap menjaga efektivitas serta keakuratannya dan jika Anda kehabisan larutan biasanya para penjual menyediakan larutannya yang bisa Anda beli secara terpisah (tidak satu paket).

3 thoughts on “Cara Memasang CO2 Indikator

  1. Apakah co2 harus di matikan mengikuti lampu…? Kenapa tank saya masih kena bba yah sama hair algae.. padahal asupan co2 sudah cukup bahkan lebih kadang2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *