Cara Alami Meningkatkan pH Air

Setiap jenis tanaman dalam Aquascape memerlukan tingkat pH yang berbeda sehingga perlu bagi Anda terlebih dahulu mempelajari karakteristik setiap tanaman sebelum membelinya. Saat ini sudah banyak informasi yang bisa Anda dapatkan terkait karakteristik masing-masing tanaman air. Sebelumnya Anda harus mengetahui pengertian pH dan peran penting pH dalam Aquascape, Anda bisa membaca postingan tentang “Parameter Air” untuk mengetahui lebih jelas tentang pH air.

Sedikit mengulang, pH merupakan suatu ekpresi dari konsentrasi ion hidrogen (H+) di dalam air.  Besarannya dinyatakan dalam minus logaritma dari konsentrasi ion H. Sebagai contoh, kalau ada pernyataan pH 6, itu artinya konsentrasi H dalam air tersebut adalah 0.000001 bagian dari total larutan. Atau bahasa awamnya, pH adalah tingkat keasaman dari air yang dapat diukur menggunakan alat tester baik itu pH tester, pH meter dll.

Setiap tanaman memerlukan tingkat pH yang berbeda untuk dapat tumbuh dengan baik namun pada umumnya tanaman bisa hidup dengan baik pada kisaran pH 5-7. Jika diketahui bahwa pH air Anda rendah maka perlu dilakukan sebuah usaha untuk meningkatkan pH air. Disini akan coba dijelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan/menaikkan pH air secara alami.

Cara Alami Meningkatkan pH Air

1. Menambahkan Bubuk Dari Terumbu Karang

Cara alami yang pertama adalah dengan menambahkan bubuk atau pecahan dari terumbu karang. Berbicara mengenai terumbu karang, batu gamping atau kita kenal dengan lime stone merupakan batuan sedimen yang terbentuk dari terumbu karang.

Pengangkatan lantai samudera yang terjadi selama jutaan tahun menyebabkan terumbu karang di lautan terangkat ke permukaan dan bersedimentasi menjadi batu gamping. Batu gamping kaya akan unsur kalisum karbonat (CaCO3) yaitu unsur utama yang dapat meningkatkan tingkat keasaman air.
meningkatkan ph air

Anda dapat menambahkan pecahan dari terumbu karang pada sistem filtrasi yaitu dengan menepatkannya pada filter (tidak langsung di dalam akurium). Sehingga dengan cara ini, penambahan material ini tidak akan menganggu sama sekali tampilan dari Aquascape anda.

Saya rasa para pecinta Aquascape sudah sering dan terbiasa menambahkan beberapa material ke dalam filter seperti yang saya lakukan dulu yaitu menambahkan unsur karbon ke dalam filter untuk menjernihkan air. Prinsip dasarnya sama seperti itu namun kali ini Anda menggunakan pecahan/bubuk dari terumbu karang.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, bubuk terumbu karang terlebih dahulu di masukkan ke dalam sebuah kantung berupa jaring atau bisa juga Anda menggunakan stocking…hehe :lol:. Setelah itu tempatkan kantung bersamaan dengan media filter lainnya seperti rumah bakteri dll.

2. Menambahkan Bubuk/Pecahan Batu Gamping (Lime Stone)

Prinsip dasarnya sama ketika kita menggunakan pecahan terumbu karang untuk meningkatkan pH Air. Unsur kalsium karbonat lah yang kita perlukan untuk meningkatkan pH air sama halnya yang terkandung dalam terumbu karang.
meningkatkan ph air

Cara yang digunakan pun sama yaitu dengan menempatkan pecahan batu gamping pada sebuah kantung dan diletakkan di dalam media filter. Ini merupakan alternatif lain ketika Anda kesulitan mendapatkan terumbu karang.

3. Menambahkan Bubuk/Pecahan Batu Dolomite

Lagi-lagi unsur kalsium yang kita perlukan untuk meningkatkan pH air serta menjaga kestablian alakinitas air. Batu dolomite dikenal mengandung unsur kalisum dan magnesium yang efektif dalam meningkatkan pH air. Cara pemakaiannya sama dengan kedua cara di atas yaitu menempatkannya pada media filter.
meningkatkan ph air

3. Menggunakan Macro Algae

Mungkin istilah Macro Algae sendiri jarang terdengar di kalangan pecinta Aquascape tanah air padahal Indonesia sendiri memiliki sedikitnya 628 jenis macro algae dari sekitar 8000 jenis macro algae yang terdapat di seluuh dunia. Prinsip dasarnya adalah macro algae mampu menjaga kestabilan pH air dan sudah sering digunakan oleh para pecinta Aquascape di luar Indonesia.

meningkatkan ph air
Jenis Macro Algae Caulerpa Taxilfolia – Nano-Reef.com

Macro algae akan menyerap karbon dioksida berbahaya ketika mereka tumbuh meskipun kebanyakan dari macro algae hidup dalam lingkungan air asin/air laut. Macro algae juga secara alami akan menghasilkan oksigen terlarut yang dibutuhkan tanaman air lainnya di dalam akuarium. Buka link berikut “Jenis-Jenis Macro Algae” untuk mengetahui beberapa jenis macro algae.

Penutup

Itulah kira-kira beberapa cara alami meningkatkan pH air yang bisa Anda coba. Postingan selanjutnya saya akan coba membahas cara menurunkan pH air secara alami. Semoga artikel ini bermanfaat…

Image Source : homeaquaria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *