Belajar Dari Penolakan Adsense

Setelah sedikit berdiskusi di forum IAPD blog juragan cipir, saya pikir perlu untuk menganalisa lebih dalam lagi mengenai penolakan yang dilakukan Google terhadap akun saya. Saya baru pertama kali mendaftar Google Adsense dan ditolak pada peninjauan kedua. Karena memang saya pemain baru dalam hal Adsense dan ternyata bukan hanya saya yang mendapatkan penolakan tapi banyak juga teman-teman diluar sana yang mengalami hal serupa terutama bagi yang pertama kali mendaftar. Setelah ada penolakan apakah saya menyerah? tidak! saya akan coba lagi dan coba lagi, saya perlu belajar dari penolakan Adsense ini.

Namun tentunya sebelum kita mengajukan PK (peninjauan kembali)…haha bahasanyaa.. pada pihak Google perlu bagi kita memperbaiki apa yang menjadi poin penolakan tersebut. Satu yang saya sadari dari GA (Google Adsense) adalah “Hanya Tuhan dan pihak GA yang tahu mengenai pelanggaran yang kita lakukan”. Setiap balasan mereka melalui email sudah di template sehingga mereka hanya memberikan penjelasan secara umum saja mengenai pelanggaran yang telah kita lakukan. Poin dari kebijakan GA sangat banyak sekali sehingga pelanggaran yang dilakukan setiap blog sangat kompleks dan berbeda satu sama lain tapi bisa saja Google hanya memberikan jawaban “Akun Anda Telah Melanggar Kebijakan Adsense”. Disini saya terdiam sejenak dan muncul pertanyaan, “Kebijakan yang mana yaa kira-kira yang saya langgar?? hmmmm….

Bagaimana bisa saya memperbaiki kesalahan yang saya sendiri tidak tahu apa kesalahan yang telah saya perbuat. Apa yang harus saya lakukan? Saya coba merangkum apa saja yang harus dilakukan dan untuk saat ini hanya berlaku bagi saya sendiri karena teori ini baru akan saya uji dan belum tahu berhasil atau tidak.
belajar dari penolakan adsense

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Adsense Ditolak?

  1. Perbanyak Informasi : Dari mana kita bisa belajar tentang Adsense jika tidak dari pakarnya atau setidaknya belajar dari orang yang dulunya mengalami hal serupa dengan kita. Mulailah bergabung di forum-forum yang membahas tentang Adsense dan temukan apa yang kita cari disana. Bertanya adalah cara kedua terbaik selain mencari, oleh karena itu jika kita tidak menemukan apa yang kita cari, wajib hukumnya bagi kita untuk bertanya. Saya kira mereka akan dengan senang hati membantu kita dalam memecahkan masalah ini.
  2. Analisa Kesalahan : Mulailah menganilsa kesalahan atau pelanggaran yang dimaksudkan Google. Ini menjadi tugas bagi kita untuk belajar dari penolakan Adsense. Coba screen shot balasan email dari GA tersebut dan analisa apa kira-kira pelanggaran yang mereka maksud sehingga akun kita ditolak.
  3. Yakinkan Diri : Kita diharuskan berhati-hati dalam menganalisa penolakan dari Google. Bukan tidak mungkin justru kita menghilangkan atau mengubah konten blog yang sangat bermanfaat demi mendapatkan approved dari Google. Kemungkinan kedua adalah bisa saja kita justru memperbanyak pelanggaran ketika mencoba memperbaiki kesalahan. Penolakan GA sampai saat ini dan sampai kapanpun akan menjadi misteri tersendiri. Tidak mudah bagi kita untuk menebak pelanggaran yang kita lakukan, oleh karena itu berhati-hati lah dalam memperbaiki kesalahan ini.
  4. Banyak Bereksperimen : Setelah kita meyakinkan diri tentang apa yang perlu diperbaiki maka selanjutnya kita perlu bereksperimen dengan coba merubah dan atau memperbaiki apa yang sudah kita yakini tersebut. Setelah itu coba daftar lagi, jika ditolak lagi yaa bereksperimen lagi dan coba daftar lagi. Oleh karena itu saya pikir blog/web yang cocok didaftarkan untuk Adsense adalah yang relatif berumur muda dengan jumlah UV 100-150/hari. Ini berkaitan dengan eksperimen yang kita lakukan, kita akan banyak melakukan perubahan termasuk desain web. Jika blog/web kita sudah besar dan banyak dikunjungi sudah pasti sekecil apapun bentuk perubahan pada web akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung terkecuali kita menerapkan sistem maintenance web. Dalam bereksperiman disarankan kita rajin melakukan backup agar kita mudah untuk mengembalikan pengaturan-pengaturan yang telah diubah jika diperlukan.

Saya akan menyertakan secreenshot balasan email dari GA yang saya terima kemarin dan akan saya coba sertakan analisanya. Ingat, analisa ini sama sekali belum saya terapkan dan akan saya update artikel ini jika analisa yang saya lakukan berhasil.

Analisa Penolakan Adsense

belajar dari penolakan adsense
Email Balasan Dari Pihak Google Adsense

Perlu diketahui bahwa poin dari penolakan tersebut berbeda setiap orang/blog yang didaftarkan, itu semua tergantung dari jenis pelanggaran yang kita lakukan. Namun karena pihak GA selalu membalas dengan penjelasan umum maka contoh di atas saya yakin pernah Anda alami juga, setidaknya ada diantara kalian yang jenis penolakannya sama dengan saya.

Ada 2 poin pelanggaran yang mereka jelaskan di atas, yaitu Navigasi Situs Sulit dan Konten Tidak Memadai, saya coba analisa satu per satu.

A. Navigasi Situs Sulit

Untuk poin yang pertama ini tidak terlalu sulit untuk menebak apa yang harus saya perbaiki. Sudah pasti mengenai sistem navigasi yang saya terapkan di blog ini. Mulai dari memperbaiki tata letak navigasi sampai dengan meng-eliminasi navigasi yang tidak perlu. Meskipun sebetulnya saya sudah yakin bahwa navigasi di blog ini tidak terlalu sulit dan pengunjung akan dengan mudah menemukan apa yang mereka cari disini namun saya tetap harus coba memperbaiki sistem navigasi di blog ini.

A. Konten Tidak Memadai

Di poin kedua ini banyak yang harus saya analisa karena poin nya beranak…hehe Saya ulangi bahwa setiap jawaban dari pihak GA merupakan template sehingga jika ada blog yang hanya melanggar sub poin satu saja maka mereka akan tetap menyertakan induk poin nya. Contoh, jika blog saya hanya melanggar sub poin kedua (lihat gambar di atas) yaitu “Konten Anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekedar judul” maka pihak GA tetap akan menyertakan induk poinnya yaitu “Konten Tidak Memadai”.

Ketika GA memberi tahu bahwa pelanggaran saya adalah “Konten Tidak Memadai” bukan berarti blog saya melanggar semua sub poin yang terkandung disitu, bisa saja saya hanya melanggar 1 diantara sekian sub poin, bisa saja saya hanya melanggar 2 diantara sekian sub poin atau bisa saja saya memang melanggar keseluruhan sub poin tersebut sehingga penting bagi kita untuk berhati-hati, jangan sampai kita merubah sesuatu yang justru bukan merupakan pelanggaran kita.

Oleh karena itu, saya perlu meng-eliminasi dan menemukan poin mana yang menjadi pelanggaran saya. Berikut Analisanya dari setiap sub poin pelanggaran :

  1. Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai – situs web yang sebagian besar kontennya adalah gambar, video atau animasi flash tidak akan disetuji. “Saya mulai dari memeriksaa kepadatan kata setiap artikel yang saya terbitkan dan rata-rata setiap artikel yang saya terbitkan adalah di atas 1000 karakter kata, maka sudah bisa dipastikan bukan ini pelanggaran saya. Di blog ini memang ada laman Ensiklopedia yang sebagian besar terdiri dari gambar. Mungkin saja itu salah satu pelanggaran yang saya lakukan.”
  2. Konten Anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekedar judul. “Saya yakin ini bukan pelanggaran yang saya lakukan karena bisa Anda lihat bahwa setiap artikel yang terbit berisi kalimat serta paragraf lengkap dan saya pun sadar diri tidak akan mendaftarkan blog untuk adsense yang tidak ada isinya atau hanya judul saja”.
  3. Pastikan situs web yang didaftarkan telah rampung dan bukan versi beta atau hanya terdiri dari kerangka situs. “Tentu saja web ini sudah rampung meskipun masih berumur 2 bulan, terbukti web ini bukan merupakan kerangka situs sebagaimana yang dijelaskan pihak GA”.
  4. Tempatkan kode iklan di laman aktif, tidak harus di laman utama. “Karena ini pertama kali saya bermain adsense, kemarin saya hanya menempatkan satu kode iklan saja di bagian header. Iklan tersebut saya set untuk tampil di setiap halaman baik itu laman aktif ataupun lama utama (halaman depan). Kedepannya saya akan coba menempatkan 3 kode iklan sekaligus di beberapa halaman untuk melihat reaksi mereka terhadap penempatan iklan di blog saya, apakah di tolak atau disetujui”.
  5. Sediakan sistem navigasi yang jelas untuk pengunjung. “Saya rasa ini masih berkaitan dengan masalah sistem navigasi di atas yang perlu saya perbaiki. Saya akan coba memperbaiki sistem navigasi di blog ini”.

Yang terakhir adalah saya perlu memperbanyak konten atau artikel di blog ini, mungkin itu termasuk apa yang dimaksud Google dengan istilah “Konten tidak memadai”. Itulah kira-kira analisa saya mengenai penolakan dari pihak Google Adsense dan merupakan PR yang harus saya tuntaskan sesegera mungkin, Setelah analisa tersebut saya terapkan, saya akan coba daftar lagi. Jadi insha Allah artikel ini akan saya update apakah pengajuan berikutnya tetap ditolak atau disetujui. Anda perlu juga belajar dari penolakan Adsense dan mulai menganalisa apa yang harus Anda perbaiki. Selamat berkeksperimen!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *