Beberapa Metode Penggunaan Pupuk Dalam Aquascape

Seni Aquascaping merupakan perpaduan dari tanaman, batu, kayu dan ikan atau bahkan beberapa elemen yang oleh sebagian orang dijadikan bagian dari Aquascape seperti sebuah replika dari bangunan atau mahluk hidup. Kabar baiknya adalah seni Aquascaping semakin berkembang dan semakin dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia, entah kenapa saya selalu menganggap bahwa Aquascape adalah hal baru dan akan terdengar asing bagi banyak orang diluar sana namun ternyata anggapan saya salah dan sudah banyak dari mereka yang menggeluti hobi Aquascape.
Kembali ke pembahasan, pada intinya Aquascape memerlukan unsur karbon dioksida, pencahayaan, nutrisi dan semua itu untuk menunjang pertumbuhan tanaman yang baik. Melengkapi air dengan pupuk yang baik akan menyediakan semua unsur yang dibutuhkan tanaman selain faktor-faktor lain yang juga ikut berpengaruh. Salah satu tanda-tanda tanaman air kekurangan nutrisi adalah terlihat perubahan warna pada bagian daun yaitu biasanya menguning hingga akhirnya mati. Pada beberapa spesies tanaman atau beberapa kasus, kekurangan nutrisi juga ditandai dengan berubahnya daun tanaman menjadi transparan.
Oleh karena itu, kita harus selalu memastikan ketercukupan nutrisi untuk tanaman di dalam Aquascape. Selain dosis dan waktu pemberian pupuk yang tepat, jenis dan pemilihan pupuk juga tidak bisa sembarangan jika Anda benar-benar serius dengan hobi yang satu ini. Judul artikel ini mengenai “Beberapa Metode Penggunaan Pupuk Dalam Aquascape” maksudnya adalah metode disini lebih ke jenis, bentuk serta penggunaan pupuk tersebut. Pupuk jenis apa yang akan kita gunakan nantinya? Pada dasarnya jenis pupuk yang saya maksud adalah terbagi menjadi 3.

Pupuk Cair (Liquid Fertilizers)

Pupuk Cair

Apa itu Pupuk Cair?

Pupuk cair adalah kumpulan dari unsur hara yang dibutuhkan tanaman air dan konversi ke dalam bentuk cairan, perlu diingat pupuk cair biasanya terbagi atas 2 jenis yaitu pupuk cair micro dan pupuk cair macro. Sebaiknya kedua jenis pupuk cair itu Anda gunakan sehingga dalam hal ini tidak ada pilihan bagi Anda untuk menggunakan yang mana.

Kapan Saya Harus Menggunakan Pupuk Cair?

Pupuk cair biasanya masuk ke dalam perlengkapan perawatan (maintenace) Aquascape sehingga penggunannya pun dilakukan pasca Anda selesai setup atau membuat Aquascape. Setelah Aquascape Anda jadi maka pupuk cair ini mulai digunakan secara rutin. Pupuk cair dapat ditambahkan langsung ke air untuk meningkatkan kadar/unsur hara di dalam akuarium. Sebagian unsur pupuk cair di dominasi oleh zat besi yang diperlukan oleh tanaman dan beberapa produsen (mayoritas) pupuk cair menghindari dan memastikan bahwa pupuk cair yang mereka buat bebas dari unsur nitrat dan fosfat karena kedua unsur tersebut dapat memicu pertumbuhan alga di dalam akurium Anda. Jadi silahkan baca dan cermati dengan teliti setiap pupuk cair yang Anda beli terkait kandungan dan dosis pemkaiannya.

Aqua Soil

substrate dan pupuk aquascape
ADA Amazonia Soil

Apa itu Aqua Soil?

Aqua Soil adalah agregat atau material baik itu berupa tanah atau pasir yang sudah mengandung unsur-unsur hara yang diperlukan oleh tanaman, semua jenis pupuk pada dasarnya memiliki fungsi dan peranan yang sama dalam Aquascape yaitu untuk menyediakan unsur hara bagi tanaman. Sebetulnya Aqua Soil bukanlah murni masuk dalam kategori pupuk namun memiliki fungsi ganda, Aqua Soil digunakan sebagai substrate yang suah mengandung pupuk. Ya begitu lah kira-kira penggambarannya.

Kapan Saya Harus Menggunakan Aqua Soil?

  1. Ketika Anda memutuskan untuk memelihara tanaman yang biasa dianggap sulit dan memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk dapat tumbuh dan berkembang, Aqua Soil ibarat senjata pamungkas jika Anda ingin menumbuhkan segala macam jenis tanaman dengan mudah.
  2. Berbeda dengan pupuk cair yang merupakan perlengkapan maintenance, penggunaan Aqua Soil dilakuka di awal setup karena Anda harus menjadikan Aqua Soil sebagai dasar atau landasan dimana tanaman itu menancap dan tumbuh. Penggunaan Aqua Soil adalah sebagai substrate dalam Aquascape.

Apa Saya Harus Menggunakan Aqua Soil?

Harga dari Aqua Soil ini cukup mahal sehingga tidak semua scapers menggunakannya dan biasanya mereka yang sudah bisa dibilang profesional lah yang menggunakan Aqua Soil. Jika Anda sanggup saya sarankan untuk menggunakannya untuk pertumbuhan tanaman terbaik. Tetapi banyak alternatif lain yang bisa menggantikan peran dari Aqua Soil yaitu (kalo orang kita) bisa menggunakan pasir malang ataupun pasir silika + pupuk dasar.

Pupuk Dasar

Sera Floredepot

Apa itu Pupuk Dasar?

Pupuk dasar adalah material yang terbuat dari tanah atau campuran dengan material lain yang unsur-unsur di dalamnya di dominasi oleh nutrisi yang diperlukan tanaman. Jika Aqua Soil adalah substrate yang sudah mengandung pupuk, maka pupuk dasar adalah murni sebuah pupuk sehingga dalam penggunannya harus disertai dengan substrate baik itu berupa tanah atau pasir.

Kapan Saya Harus Menggunakan Pupuk Dasar?

Sama seperti Aqua Soil, penggunaan pupuk dasar dilakukan di awal yaitu pada tahap setup Aquascape. Terlebih dahulu pupuk dasar harus dicampurkan dengan substrate baik itu berupa tanah atau pasir setelah itu campuran tersebut digunakan sebagai dasar akuarium Anda, tempat dimana nantinya Anda menancapkan tanaman.

Apa Saya Harus Menggunakan Pupuk Dasar?

Lagi-lagi pertayaan seperti ini yang sering muncul, sama seperti Aqua Soil yang peranannya tidak di wajibkan dalam Aquascape namun sangat disarankan. Anda bisa saja menggantikan peran dari Aqua Soil dan pupuk dasar dengan beberapa jenis pasir yang dianggap sudah mengandung unsur hara seperti pasir malang tetapi biasakan diri untuk mulai menggunakan pupuk dasar atau bahkan Aqua Soil untuk hasil terbaik. Jika Anda berencana untuk mengikut sertakan Aquascape Anda dalam sebuah kontes maka sudah tidak bisa lagi Anda menganggap pupuk dasar dan Aqua Soil adalah sesuatu yang tidak wajib, setidaknya itulah pandangan pribadi saya.

Pupuk Tancap (Fertilizer Tablets)

Fertilizer Tablets

Apa itu Pupuk Tancap?

Kandungan dari Pupuk Tancap hampir sama dengan pupuk dasar ataupun pupuk cair, yang membedakan adalah pupuk tancap diproduksi dalam bentuk padatan berupa tablet dan cara penggunannya pun sedikit berbeda jika dibandingkan dengan pupuk cair dan pupuk dasar.

Kapan Saya Harus Menggunakan Pupuk Tancap?

Jujur saja, pupuk tancap sendiri sebetulnya kurang populer dikalangan scapers dan tidak banyak yang menggunakannya karena pupuk tancap biasanya dijadikan opsi terkahir yang artinya digunakan ketika keadaan “darurat”. Prinsipnya jika Anda sudah menggunakan pupuk dasar atau bahkan Aqua Soil maka kemungkinan besar Anda tidak perlu lagi menggunakan pupuk tancap. Pupuk tancap digunakan ketika tanaman di dalam akuarium sedang dalam kondisi yang tidak baik atau Anda merasa ada yang salah dengan pertumbuhan tanaman seperti pertumbuhan yang lambat atau muncul tanda-tanda kekurangan nutrisi.

Pupuk dasar digunakan sebagai booster agar tanaman kembali mendapatkan nutrisi secara “instan” dan cepat. Penggunannya yaitu dengan cara ditancapkan pada substrate di dekat tanaman yang dimaksud (tanaman yang kurang sehat). Unsur-unsur yang dikandung pupuk tancap diharap akan diserap oleh tanaman melalui akar sehingga tanaman tidak akan kekurang nutrisi. Melihat fungsinya maka pupuk tancap tidak cocok digunakan dalam jangka panjang dan jika Anda benar-benar memperhatikan dan menyediakan semua yang dibutuhkan tanaman dari awal maka Anda tidak akan pernah menggunakan pupuk tancap.

Kesimpulan

Pupuk terbaik tergantung pada jumlah tanaman yang Anda miliki dan karakteristik dari tanaman tersebut. Hal penting dalam Aquascape adalah kenali betul karakteristik tanaman yang akan Anda pelihara dan justru disarankan Anda mempelajari betul karakteristik masing-masing tanaman sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Tingkat penyerapan nutrisi dari tanaman berbeda antara spesis yang satu dengan yang lain. Pupuk masa sekarang ini sudah diproduksi dengan sangat baik, artinya para produsen sudah mempertimbangkan hal-hal yang tidak perlu yang justru akan merusak Aquascape Anda. Mereka memproduksi semua jenis pupuk yang bebas dari unsur fosfat dan nitrat yaitu unsur yang akan memicu pertumbuhan alga. Kedua unsur tersebut justru dihasilkan dari sisa-sisa pakan ikan dan kotoran ikan sehingga jangan sampai peran nutrisi dari pupuk dihancurkan oleh kedua unsur tersebut yang merupakan tanda kesalahan dalam hal merawat Aquascape.

9 thoughts on “Beberapa Metode Penggunaan Pupuk Dalam Aquascape

  1. Halo  mas Anggri, saya ingin menanyakan apakah mas anggri pernah menggunakan pukcir Wondergro mic mac dan Aquaflirt mic mac? dan apakah kandungan keduanya sama?

    saya dengar aquaflirt lebih baik karena ada bakteri dan hormon2? ,

    kira2 pukcir pada tank yang baru disetup perlu kah?

    spec tank saya gex 600,

    soil amazonia

    Highlight 50w LED

    dan tanaman Cuba ,dan Dwarf Hair Grass

     

    Terima kasih mas

  2. Aquaflirt kei mac, kei mic ya? Saya belum pernah coba mas dan pukcir yang pernah saya coba cuma wonder gro mic mac jadi saya nggak bisa ngasih testimoni soal perbedaan keduanya dan emang klo saya baca di forum o-fish, setiap produk Aquaflirt baik itu kei mac, kei mic dan kei pro sudah mengandung unsur hormonal dan bakteri yang tujuannya untuk mempercepat proses mature nya Aquascape. Klo mas mau coba ya coba aja nanti hasilnya kasih testimoni disini 😀 , lebih bagus sih coba dua2nya baik itu wonder gro dan aquaflirt jadi nanti tau perbedaannya.

    Meskipun menurut saya hasilnya nanti gak akan terlalu jauh beda mengingat kandungan antara wonder gro mic mac sama aquaflirt mic mac sama yaitu yang satu dominan unsur zat besi dan yang satu dominan unsur pelengkap.

    Pertanyaan ke-2 menurut saya ya perlu mas meskipun untuk tank awal setup dalam artian nggak awal2 banget pas air masih keruh 😀 .

  3. mas bro , salam scaperr
    ane mau tanya kalau pupuk tancap ane larutkan kedalam air terus ane semprotkan kedalam tank , kira2 berpengaruh nga yah terhadap tanaman dan ikan ???

    terima kasih

    1. Saya kurang tau tuh mas soalnya belum pernah coba, kenapa gak langsung pake pupuk cair aja masbro? Lihat aja itu di keterangan pupuk tancap yang masbro beli tentang kandungannya, klo kandungannya hampir sama dengan pupuk cair ya boleh2 aja dicoba tapi gak tau nantinya efektif atau ngga.

  4. dear masbro anggriyawan

    masalahnya pake pupuk tancap kan nga sampe semuanya , saya beli pupuk tancap dengan isi 80 butir,, mubajir klo nga dpakaikan lagi ….atau apakah masih dperlukan dtancapkan lagi sisanya ??? perlu waktu berapa lama lgi ya klo dperlukan

    terima kasih

    1. klo melihat fungsi dari pupuk tancap itu hanya untuk mendorong pertumbuhan tanaman yang dalam kondisi buruk, artinya ketika tanaman itu bisa dikatakan sedang “sekarat” lah. Agar pupuk tancap nya gak mubajir coba kurangi aja dulu penggunaan pupuk cair dan gantikan perannya sama pupuk tancap tersebut, ya caranya tetep di tancapkan. Dalam hal ini berarti mas sedang bereksperimen dan gak apa2 mas, saya pribadi senang hal2 yg berbau eksperimen 😀 nanti hasilnya bagus atau tidaknya share disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *