Bagaimana Cara Memulai Aquascape?

Bagaimana Cara Memulai Aquascape? Apa saja yang diperlukan? Apa saja yang harus diperhatikan? Apa saja tahapannya? hmmm, ya kira-kira pertanyaan seperti itulah yang sering muncul ketika kita hendak memulai hobi yang satu ini. Jika kita membuat Aquascape 3-5 tahun yang lalu mungkin belum banyak informasi yang bisa kita dapatkan mengenai bagaimana cara membuatnya, namun kini sudah banyak infromasi yang menjelaskan tentang bagaimana cara membuat Aquascape. Namun, dari sekian banyak pertanyaan diatas hanya pertanyaan pertama yang akan coba saya jelaskan disini, selebihnya akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya.

Bagaimana cara memulai Aquascape?

Jika Anda punya keinginan untuk membuat Aquascape hendaknya dimulai dengan perencanaan yang matang. Aquascape memang merupakan hobi namun itu bukan alasan untuk kita tidak serius saat memulainya. Tahap paling pertama adalah perencanaan. Perencanaan meliputi :

1. Konsep

Meliputi tema Aquascape Anda nantinya, apakah akan bertema pegunungan, landscape, taman dan lain-lain? Selain itu, Anda harus menentukan focal point atau di dunia photography dikenal dengan istilah point of interest dari Aquascape yang akan Anda buat. Tidak berbeda jauh dengan konsep photography, focal point di dalam Aquascape adalah titik fokus yang akan menjadi pusat perhatian utama saat orang melihat Aquascape Anda. Biasanya lebih dari 50% elemen yang ada di dalam akuarium termasuk batu dan kayu yang digunakan ditempatkan pada titik fokus tersebut entah itu menumpuk atau kita atur tata letaknya sedemikian rupa. Berikut saya tampilkan foto yang menjelaskan apa itu POI (Point of Interest).

bagaimana cara memulai aquascape
Bagian yang saya lingkari merah adalah POI nya, pada gambar berikut POI terletak di sebelah kanan akuarium. (klik gambar untuk memperbesar).

bagaimana cara memulai aquascape
Pada gambar tersebut, POI terletak di tengah. (klik gambar untuk memperbesar)

Apakah ketentuan POI itu hanya 1 didalam akuarium? tidak juga, bahkan kita bisa menggunakan 2 POI sekaligus dalam satu akuarium, contohnya seperti gambar dibawah ini.

bagaimana cara memulai aquascape
Pada gambar tersebut terdapat 2 POI yaitu sebelah kiri dan kanan

 

bagaimana cara memulai aquascape
Contoh lain dari penggunaan POI lebih dari 1

Apakah kita bisa menggunakan seluruh bagian akuarium sebagai POI? Bisa! POI tidak selalu berupa bagian kecil dari akuarium, artinya kita juga bisa membuat seluruh akuarium sebagai POI. Contoh gambar dibawah ini merupakan Aquascape yang menggunakan seluruh bagiannya sebagai POI.

bagaimana cara memulai aquascape
Hampir seluruh bagian dari akuarium tersebut bisa kita nikmati


2. Desain

Setelah kita punya tema untuk Aquascape kita nantinya, selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mendesain layout, mulailah dengan menentukan ukuran akuarium yang akan digunakan. Secara teori, semakin kecil ukuran akuarium justru akan semakin sulit dalam membentuk dan menjaga keseimbangan ekosistem di dalamnya. Sebaliknya, keseimbangan ekosistem akan mudah terbentuk dan terjaga pada akuarium yang lebih besar yaitu dengan panjang lebih dari 35 cm. Kebanyakan dari aquascaper memang jarang yang melakukan tahapan ini, mereka biasanya langsung mendesain ketika alat-alat sudah ada beserta tanamannya. Terkesan dadakan tapi siapa tau memang desain yg mereka punya sudah terekam di kepala jadi gak perlu lagi digambar 😀 . Yaaa itu kan bagi mereka yang memang sudah ahli dalam bidang Aquascape, tapi bagi pemula seperti kita sebaiknya menggambar desainnya terlebih dahulu. Menggambar tidak harus menggunakan komputer atau program tertentu, cukup sediakan selembar kertas serta pensil, disitulah kita akan menuangkan ide kreatif kita dalam bentuk visual. Meskipun Anda tidak bisa menggambar (termasuk saya 😀 ) tidak masalah, yang terpenting adalah Anda sendiri yang harus memahami apa yang Anda gambar itu meskipun gambarnya berbentuk abstrak. 😛 . Contohnya seperti gambar dibawah ini, karena ini bukan hasil gambar saya jadi tidak terlihat abstrak, kalo saya yang buat hasilnya jadi abstrak 😀 .Maaf, ada yang terlewatkan. Sebelumnya, ketika kita menentukan tema untuk Aquascape, maka kita juga harus menentukan tanaman apa saja yang akan kita gunakan. Tema adalah bagian dari visi kita yang harus diwujudkan, maka menentukan tanaman adalah merupakan misi agar visi kita itu tercapai. Tanaman Aquascape kini sudah tidak sulit lagi didapatkan, biasanya di setiap kota ada yang menjual tanaman air atau bisa juga beli secara online.

bagaimana cara memulai aquascape
Desain Layout – Sumber Foto : Facebook Page “Ranran R Asgar”

3. Alat dan Bahan

Mulailah menentukan alat-alat apa saja yang harus kita beli termasuk menentukan ukuran akuarium yang akan digunakan. Anda bisa memulainya pada akuarium dengan panjang 45-60 cm (umum). Alat dan bahan bisa Anda dapatkan di toko-toko Aquascape di kota Anda atau jika masih kesulitan dalam mencarinya, Anda bisa beli secara online. Sebelum membeli peralatan Aquascape diharapkan Anda mencari terlebih dahulu informasinya secara detail baik itu fungsi serta kegunaannya. Dengan begitu Anda bisa memilih alternatif apakah akan membelinya atau membuatnya sendiri dengan cara DIY untuk menekan biaya. Disarankan juga Anda selektif dalam tahap ini yaitu tidak semua peralatan Aquascape harus Anda beli.

bagaimana cara memulai aquascape
Contoh Beberapa Alat dan Bahan Aquascape

 

4. Biaya

Ini berkaitan dengan point ke-3 diatas. setelah Anda membuat list barang apa saja yang harus Anda beli maka Anda akan tau berapa biaya yang harus Anda keluarkan. Berdasarkan pengalam saya, untuk memulai Aquascape di akuarium panjang 80 cm saya menghabiskan biaya sekitar 1 jt pada waktu itu dan ini bukan merupakan sebuah patokan karena masalah biaya itu relatif tergantung konsep Aquascape Anda nantinya. Untuk menekan biaya Anda bisa menerapkan trend DIY dalam melengkapai kebutuhan Aquascape karena sebagian besar peralatan Aquascape memang bisa dibuat sendiri dengan biaya yang tidak terlalu besar, tapi jika biaya bukan merupakan masalah bagi Anda silahkan beli peralatan yang memang berkualitas dan biasanya mahal-mahal 😀 . Berikut contoh list kebutuhan barang yang saya buat pada waktu itu.

bagaimana cara memulai aquascape
(Contoh) List barang-barang yang dibutuhkan. Klik gambar untuk memperbesar

 

5. Perbanyak Informasi

Mulailah mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan Aquascape, sebetulnya point ke-5 adalah hal yang paling pertama yang harus Anda lakukan sebelum menentukan konsep. Blog ini bisa menjadi salah satu sumber informasi serta referensi bagi Anda seputar Aquascape. 😎

6. Eksekuasi

Jalankan apa yang sudah ada di tahap perencanaan Anda dan jangan lupa berdoa 🙂 Good Luck!

 [stextbox id=”info” caption=”Penutup”]Itu adalah tahapan-tahapan yang direkomendasikan saat hendak memulai Aquascape  secara garis besar, terutama bagi Anda yang baru mulai terjun di hobi yang satu ini. Saya belum menyentuh hal teknis di postingan ini, di postingan selanjutnya saya akan membahas hal-hal teknis, pokoknya pantau terus blog ini. Anggap ini perkenalan dari saya untuk Anda para pembaca. Wassalam.[/stextbox]

Source : Gambar dari Google dan Sebagian Merupakan Dokumentasi Pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *