Aquascaping Pada Akuarium Dangkal

Secara tradisional, akuarium dibuat dengan ukuran tinggi lebih besar dibandingkan dengan lebar. Lebar akuarium adalah dihitung dari bagian depan akuarium hingga belakang. Hal itu bertujuan agar pandangan secara frontal (tampak depan) menghasilkan pandangan yang paling luas jika dibandingkan kita memandang akurium dari atas atau pun samping.

Aquascaping Pada Akuarium Dangkal
Copyright © George Farmer

Namun, ada tren baru dimana akuarium dibuat pendek/dangkal dengan lebar yang cukup besar. Ini adalah sesuatu yang jarang ditemui pada akaurium biasa. Anda bisa membuatnya custom atau memesan ke pengrajin kaca untuk mendapatkan akuarium seperti itu. Akuarium seperti ini jika dilihat dari depan tidak akan terlalu luas tetapi jika dilihat dari atas maka akan terlihat ruang di dalam akurium sangat lebar dan luas. Anda bisa menggunakan akurium seperti itu untuk Aquascape.

Tujuannya adalah agar akuarium dapat menampung lebih banyak tanaman karena space yang lebih luas dan juga akan menimbulkan perspektif kepadatan tanaman namun tentunya harus didukung oleh konsep yang baik dalam pembuatannya. Contoh akurium yang digunakan oleh seorang Aquarist terkenal, George Farmer adalah panjang 60 cm, tinggi 25 cm dan lebar 40 cm. Perhatikan, bahwa ukuran lebar akuarium disini lebih besar dibandingkan tingginya.

Kenapa Memilih Akuarium Dangkal?

Ini sebetulnya sebuah variasi yang mungkin dilakukan jika Anda ingin mencoba sesuatu baru yang menawarkan sensasi berbeda dalam hal Aquascape, kreatifitas tidak berbatas termasuk dalam hal Aquascape. Setiap orang dapat mengembangkan atau menciptakan sesuatu yang baru dalam dunia Aquascaping.

Sebuah akuarium dangkal menawarkan space/area yang tidak biasa di dalam akuarium, bahan dekoratif seperti kayu, batu atau tanaman dapat diatur agar muncul dipermukaan seperti halnya paludarium namun tetap dalam konsep Aquascape. Ini akan menambah dimensi baru pada akuarium Anda karena sebagian dari tanaman atau batu tersebut terendam air dan sebagian lagi muncul di permukaan air.

Jika Anda sudah membaca beberapa deskripsi tanaman di situs ini di halaman Ensiklopedia maka Anda akan melihat bahwa kebanyakan tanaman air mampu menghasilkan bunga ketika mereka hidup dalam kondisi terendam setengah bagian. Menurut George Farmer, akurium dangkal juga relatif lebih mudah dalam hal perawatan jika dibandingkan dengan akuarium ideal. Contohnya, Anda akan dengan mudah melakukan trimming/pemangkasan pada tanaman yang ada di dasar akuarium tanpa harus membasahi lengan baju Anda, karena tangan Anda tidak akan menyelam terlalu dalam untuk mencapai dasar akurium.

Kelemahan akurium dangkal adalah proses penguapan air yang akan lebih cepat dibandingkan dengan akuarium ideal karena luas permukaan air lebih besar. Beberapa ikan pun di anggap tidak akan cocok pada akuarium dangkal khususnya ikan yang senang berenang pada area dasar akuarium. Selain itu, suhu air biasanya lebih cepat meningkat/tinggi jika dibandingkan dengan akurium ideal.

Mulai Merencanakan Aquascape di Akuarium Dangkal

Pertama adalah Anda perlu menyiapkan hardscape berupa kayu atau batu yang nantinya akan menjadi focal point di dalam akuarium (untuk masalah desain tergantung masing-masing, ini hanya sebatas contoh). Contoh ini dibuat oleh George Farmer, dia menyiapkan sebuah kayu terlebih dahulu untuk dijadikan focal point atau titik fokus yang nantinya di posisikan di pusat/tengah akuarium untuk memberikan kesan keseimbangan secara estetika.

Lihat Gambar Berikut

Pemilihan tanaman yang dilakukan George Farmer berdasarkan pertimbangan warna, mulai dari tanaman midground seperti Cryptocoryne Brown sampai dengan tanaman yang sedikit berwarna merah untuk latar belakang. Nantinya, Cryptocoryne Brown ini akan diposisikan atau ditanam di sekitar batang kayu untuk membuat efek transisi antara tanaman midground dan carpet plant yang akan digunakan nantinya. Efek transisi ini akan ditimbulkan dari perbedaan warna antara crypto brown yang berwarna kecoklatan dan carpet plant yang biasanya berwarna hijau.

Setelah beberapa bulan, lumut mulai tumbuh di sepanjang kayu sehingga memerlukan pemangkasan yang teratur. Selain di area terendam, lumut juga tumbuh di bagian yang tidak terendam air. Untuk foreground plant, George memilih menggunakan Glossotigma dan Hydrocotyle yang dikenal sangat cepat tumbuh dan ini dilakukan bukan tanpa sebab, penggunaan tanaman yang memiliki karateristik pertumbuhan cepat dapat menghambat pertumbuhan algae di dalam akuarium sedangkan ikan yang digunakan adalah spesies Danio.

Aquascaping Pada Akuarium Dangkal

Pencahayaan

Ini merupakan komponen penting dalam Aquascape, George sudah menggunakan lampu jenis LED untuk waktu yang cukup lama dan tidak mengalami kesulitan dalam menumbuhkan tanaman air. Lampu yang digunakan adalah TMC 1000ND tetapi baru-baru ini dia bereksperimen dengan menggunakan lampu T5. Lihat postingan saya tentang Pencahayaan untuk mengetahui jenis lampu-lampu yang dimaksud.

George Farmer sangat menyukai penggunaan lampu T5 karena warna yang dihasilkan dari lampu jenis ini cukup baik dan mampu mengoptimalkan pertumbuhan tanaman. Dia menggunakan kombinasi dari Arcadia Plant Pro dan Arcadia Freshwater Pro untuk menghasilkan perpaduan warna yang luar biasa serta mempercepat pertumbuhan tanaman.

Tips : Anda perlu membeli atau setidaknya meminjam PAR meter untuk mengukur kebutuhan pencahayaan akurium Anda, jika nilai PAR yang dihasilkan dari sebuah lampu yang Anda uji adalah 50 umol dan pengukuran dilakukan di dasar substrate maka Anda memerlukan injeksi CO2 dan tambahan pupuk untuk menunjang itu semua. Jika lampu yang Anda gunakan menghasilkan setidaknya 100 umol maka Anda benar-benar memerlukan injeksi CO2 yang tinggi dan ketercukupan nutrisi bagi tanaman, ini tidak disarankan kecuali untuk para petani yang memang bertujuan untuk mengembang biakan tanaman dalam jumlah banyak.

Perawatan

Dalam sehari biasanya George hanya menghabiskan waktu 5 menit untuk memeriksa akuarium nya dan beberapa perawatan rutin yang dilakukan adalah pemangkasan tanaman. Salah satu hal yang paling sulit adalah mencegah pertumbuhan lumut karena meskipun Anda membersihkannya hari ini, mungkin minggu depan lumut akan tumbuh kembali. Secara lebih jelas, berikut beberapa perawatan yang dilakukan George Farmer pada Aquascape dangkal nya.

  • Harian : Memberi pakan ikan, pemberian pupuk cair sesuai dosis, memeriksa filter, memeriksa suhu dan kadar CO2 terlarut.
  • Mingguan : Membersihkan semua bagian kaca akuarium, water change 50% dan memberishkan filter.
  • Bulanan : Membersihkan bagian inlet filter, kaca, memeriksa komponen listrik termasuk stop kontak pada setiap komponen listrik yang digunakan, terakhir adalah membersihkan selang filter.

Tips

  1. Selalu bersihkan kaca akuarium Anda sebelum melakukan water change. Dengan cara tersebut, ganggang/algae akan hilang pada bagian kaca dan juga akan hilang melalui water change. Selalu ingat urutannya, membersihkan kaca terlebih dahulu setelah itu water change.
  2. Jangan ragu untuk memangkas tanaman Anda dan disarankan menggunakan gunting yang cukup tajam. Hal ini akan mendorong/memicu pertumbuhan tanaman dan jangan lupa untuk selalu membersihakan dan membuang setiap daun atau batang yang mengapung di air.

Sumber : http://www.practicalfishkeeping.co.uk

One thought on “Aquascaping Pada Akuarium Dangkal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *