Aquascape Bergaya Hutan (The Jungle Style Aquascape)

Sedikit melengkapi artikel tentang “Berbagai Jenis Gaya Aquscape” dengan artikel berjudul “The Jungle Style Aquascape” ini. Walaupun sebetulnya masih ada satu style lagi yang perlu dibahas di artikel selanjutnya yaitu tentang Wabi-Kusa.

Aquascape bergaya hutan adalah salah satu aliran/gaya Aquascape yang sampai saat ini masih populer dan sering digunakan. Tidak adanya aturan yang mengikat terkait tata letak tanaman di dalam akuarium menjadi kemudahan tersendiri bagi siapapun yang akan membuat Aquascape Bergaya Hutan ini. Prinsip dasarnya adalah kita membiarkan tanaman tersebut tumbuh “liar” di dalam akuarium agar menciptakan kesan hutan yang dihuni serta dipadati berbagai macam tumbuhan.

Aquascape Bergaya Hutan
Aquascape Bergaya Hutan

A. Karakterisitik Dari Aquascape Bergaya Hutan

Apa yang ada di benak Anda ketika saya mengatakan Aquascape dengan gaya hutan? dibenak sebagian orang pasti muncul gambaran mengenai rimbunnya hutan, tanaman-tanaman liar yang tumbuh secara tidak terkendali. begitu kan? Ya! Aquascape bergaya ini pun memang menggambarkan akan hal itu, bahkan agar menciptakan konsep hutan, Aquascape bergaya ini sangat jarang dilakukan pemangkasan (trimming) karena hal itu justru akan menghilangkan kesan bahwa Aquascape Anda terlihat seperti hutan, tanaman dibiarkan tetap tumbuh tak terkendali agar menciptakan konsep sebuah hutan namun tetap di bawah pengendalian tentunya.

Seiring waktu, vegetasi di dalam akuarium akan semakin padat dan pada tahap tertentu keseimbangan di dalam akuarium akan terganggu oleh karena itu untuk Aquascape bergaya yang satu ini perlu perawatan yang cukup baik. Ciri lain dari aliran ini adalah Anda hampir tidak dapat melihat hardscape yang ditempatkan pada akuarium karena populasi di dalam akuarium di dominasi oleh tumbuhan itu sendiri. Anda tidak akan melihat banyak ruang/space di dalam akuarium karena hampir seluruh area akuarium dihuni dan dipadati tanaman tinggi, tanaman berdaun besar serta berbagai macam ikan.

Aquascape Bergaya Hutan
Aquascape Bergaya Hutan


B. Tata Letak dan Teknik Desain Aquascape Bergaya Hutan

Para pemula biasanya bertanya tentang Aquascape Bergaya Hutan ini. “Bagaimana Anda bisa mendapatkan unsur estetis dan keindahan dari Aquascape bergaya hutan yang justru memunculkan kesan kekacauan/tak teratur?” Jawabanya adalah ini masalah selera pribadi masing-masing. Pendapat saya pribadi adalah setiap gaya/aliran dari Aquascape mampu menggambarkan karakteristik dari orang yang membuatnya. Saya rasa orang yang tidak terlalu memperhatikan kerapihan serta keteraturan di dalam hidupnya akan lebih memilih Aquascape Bergaya Hutan jika dibandingkan dengan Aquascape Bergaya Alami. Sebaliknya, orang yang mencintai hal-hal yang teratur dan tertata rapih akan memilih Aquascape Bergaya Alami, betul tidak? Tanyakan pada diri Anda sendiri. Tidak ada aturan khusus sebetulnya tentang bagaimana Anda harus menanam tumbuh-tumbuhan dalam Aquascape. Yang Anda perlukan hanyalah pengetahuan khusus mengenai berbagai macam tanaman serta cara merawatnya.

Tidak ada yang salah dengan Aquascape Bergaya Hutan dan Anda juga tidak akan merasa bersalah ketika membuat Aquascpae Bergaya Hutan ini. Jangan membatasi kreatifitas yang erat kaitannya dengan unsur seni, para seniman justru biasanya melanggar aturan-aturan untuk membuat sebuah karya yang baru serta menarik dan justru biasanya akan memunculkan hasil karya yang luar biasa. Sebelum orang lain menilai karya seni Anda dalam hal ini Aquascape Bergaya Hutan yang telah Anda buat, terlebih dahulu nilailah sendiri tentang karya yang telah Anda buat tersebut, posisikan diri sebagai pihak ketiga yang tidak merasa telah membuat Aquascape itu. Dengan begitu, Anda akan menemukan apa yang kurang, apa yang perlu ditambahkan dan apa yang perlu diperbaiki dari Aquascape Bergaya Hutan milik Anda sendiri. Percayalah pada penilaian diri sendiri sebelum Anda meminta penilaian dari orang lain tentang karya Anda.

Penggunaan substrate yang berwarna gelap akan membantu Anda dalam memunculkan kesan alami pada Aquascape. Resapi dulu seperti apa suasana hutan yang ada diluar sana dan tiru suasana tersebut dengan memadukan berbagai macam tanaman di dalam akuarium, oleh karena itu sudah disebutkan tadi bahwa pengetahuan tentang jenis-jenis tanaman sangatlah diperlukan dalam membuat sebuah Aquascape.

Tahukah Anda bahwa banyak spesies ikan yang justru lebih menyukai lingkungan Aquascape Bergaya Hutan jika dibandingkan dengan gaya/aliran yang lainnya terutama ikan yang Anda dapat langsung dari Alam bebas (bukan ikan ternakan). Secara naluri, ikan akan merasa berada di rumahnya sendiri seperti lingkungan sungai ataupun danau yang memang pertumbuhan vegetasi air nya tidak terkendali dan tumbuh liar begitu saja.

Aquascape Bergaya Hutan
Aquascape Bergaya Hutan


C. Tanaman Yang Direkomendasikan

Tanaman memiliki kebebasan tersendiri pada Aquascape Bergaya Hutan jika dibandingkan dengan gaya/aliran yang lainnya karena mereka akan tumbuh seperti halnya di alam bebas. Tidak banyak campur tangan manusia dalam masa pertumbuhannya. Pada aliran ini, intensitas pemangkasan tentunya akan semakin sedikit jika dibandingkan dengan gaya/aliran yang lain karena memang itulah tuntutan konsep yang mengharuskan kita untuk membiarkan tanaman tumbuh cukup lebat dan sedikit “tak terkendali”.

Hal unik yang akan Anda pelajari adalah, terdapat persaingan nyata di dalam akuarium dimana tanaman akan bersaing dalam mendapatkan energi dari cahaya. Tanaman akan mencari celahnya masing-masing dengan cara yang berbeda untuk mendapatkan cahaya. Seiring pertumbuhan tanaman yang semakin padat di dalam akuarium, persaingan untuk mendapatkan cahaya pun semakin ketat seperti halnya manusia yang bersaing dengan manusia lain untuk mendapatkan sesuatu yang diperlukannya.

Mungkin saja dalam hal ini tanaman yang kalah bersaing akan membusuk atau mati karena tidak mendapatkan cahaya. Anda tidak perlu khawatir jika hal itu terjadi, hal itu wajar dan Anda bisa menganggap itu seleksi alam yang juga terjadi di alam bebas. Apakah Anda akan menemukan hal unik seperti itu di aliran Aquascape yang lain? Saya rasa tidak. Pada Aquscape Bergaya Alami contohnya, kita lah yang wajib menyediakan segala macam unsur yang dibutuhkan oleh tanaman temasuk pencahayaan dan nutrisi sehingga bisa dipastikan masing-masing tanaman akan mendapatkan apa yang dibutuhkannya, tidak akan banyak persaingan yang terjadi disini. Sampai lupa kalo saya harusnya membahas tentang tanaman yang direkomendasikan pada bagian ini..haha sorry! 😀 .

Agar memudahkan Anda dalam memilih tanaman yang tepat untuk Aquascape Bergaya Hutan, saya sebutkan beberapa tanaman yang biasanya digunakan dalam aliran ini, diantaranya :

  • Microsorum Pteropus atau biasa disebu Pakis Lidah Kolam
  • Bolbitis Heudelotii
  • Vallasneria Americana Gingantea
  • Crinum Natans
  • Crinum Calimistratum
  • Aponogeton Boevinianus
  • Aponogeton Crispus Red
  • Echinodorus Ozelot
  • Echinodorus Rubin
  • Echinodorus Quadricostatus
  • Sagitaria Subulata
  • Hygrophila Pinnatifida
  • Anubias Barteria var. barteri
  • Limnobium Laevigatum

Jenis-jenis tanaman yang disebutkan di atas memang yang berdaun cukup besar serta dapat tumbuh lebih tinggi dari jenis tanaman lainnya. Kalau project Ensiklopedia di web ini sudah rampung saya link-kan masing-masing jenis tanaman tersebut ke halaman Ensiklopedia untuk memudahkan Anda dalam mengenali tanaman-tanaman tersebut.

D. Ikan Yang Direkomendasikan

Beberapa jenis ikan yang biasa digunakan dalam Aquascape Bergaya Hutan adalah :
Klik masing-masing nama ikan tersebut untuk melihat fotonya

  • Thayeria Boehlkei
  • Paracheirodon Innesi biasa disebut Neon Tetra
  • Corydoras Aeneus
  • Hyphessobrycon Colombianus
  • Cleithracara Maronii
  • Red-Tailed Black Shark

E. Peralatan (Equipment)

Ada beberapa penggunaan peralatan yang disarankan dalam Aquascape Bergaya Hutan ini, diantaranya :

  • HO T5 fluorescent lamps : Penggunaan lampu tersebut sebetulnya agar masing-masing tanaman mendapatkan kebutuhan akan cahaya dengan menyediakan sumber pencahayaan dengan intensitas cukup tinggi. Namun hal ini tidak lah wajib terutama jika mempertimbangkan faktor persaingan antara tanaman yang sudah disebukan di atas. Biarkanlah mereka bersaing dalam mendapatkan cahaya 😀
  • PAR Meter : Masih berkaitan dengan pencahayaan, PAR meter adalah alat pengukur radiasi dari cahaya yang aktif digunakan dalam proses fotosintesis tanaman. Perlu postingan tersendiri untuk membahas mengenai PAR. Pada dasarnya penggunaan alat ini untuk memastikan tercukupinya kebutuhan tanaman akan cahaya di dalam akaurium.
  • Filter Dengan Kapasitas Besar : Berbeda dengan aliran lain dimana penggunaan filter didasarkan pada volume air dari akuarium yang Anda gunakan. Dalam Aquascape Bergaya Hutan disarankan Anda meningkatkan kapasitas filter dari biasanya, contoh volume air tank Anda x 2 terlebih dahulu untuk menentukan kapasitas filter. Hal ini dilakukan agar proses treatment water cycling berlangsung lebih cepat lagi dari biasanya. Aquascape Bergaya Hutan akan menimbulkan berbagai macam masalah kaitannya dengan kualitas air, kepadatan tanaman di dalam akuarium akan sangat mempengaruhi parameter air mulai dari berlebihnya nutrisi, timbulnya zat-zat beracun dll. Oleh karena itu disarankan menggunakan Filter dengan kapasitas 2 kali lebih besar dari biasanya.

Peralatan yang lainnya sama saja dengan peralatan pada gaya/aliran yang lain termasuk sistem CO2.

F. Tingkat Kesulitan Perawatan

Beberapa jenis perawatan utama pada Aquascape Bergaya Hutan adalah melakukan water change/penggantian air sekiar 50% setiap minggunya dan melakukan sedikit pemangkasan jika diperlukan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kepadatan tanaman di dalam akuarium akan banyak mempengaruhi parameter serta kualitas air jika dibandingkan dengan Aquascape yang tidak terlalu dipadati tanaman. Langkah selanjutnya adalah memperhatikan beberapa unsur yang dibutuhkan tanaman meliputi intensitas pencahayaan, penggunaan substrate yang kaya nutrisi lebih disarankan, pupuk cair,injeksi CO2 bertekanan yaitu dengan sistem tabung serta sistem filterasi yang baik.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah Algae/ganggang seperti halnya jenis Aquascape lainnya. Algae sudah menjadi masalah global dalam Aquascape tidak mengenal aliran apapun, selama akuarium Anda diisi tanaman maka kemungkinan munculnya Algae tetap ada. Oleh karena itu, strategi dalam menanggulangi algae perlu Anda persiapkan sebelum mulai membuat Aquascape berjenis apapun. Pengetahuan tentang algae sama pentingnya dengan pengetahuan tentang jenis-jenis tanaman yang sudah saya sebutkan. Kedua hal tersebut menjadi dasar yang perlu dikuasai jika Anda ingin membuat Aquascape.

Penutup, saya sertakan contoh video dari Aquascape Bergaya Hutan ini :

Source and Image Credits : “AquascapingLove – “The Jungle Style Aquarium”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *