Apa itu Aquascape dan Bagaimana Sejarahnya?

Apa itu Aquascape dan Bagaimana Sejarahnya? Bagi sebagian orang mungkin istilah Aquascape terdengar asing, definisi  Aquascape memang banyak dan tidak ada definisi baku yang menggambarkan apa sebetulnya Aquascape ini, menurut pemahaman saya sendiri Aquascape adalah seni menata tanaman/tumbuhan air tawar di dalam akuarium. Aquascape merupakan simulasi dari suatu ekosistem mahluk hidup baik itu tumbuhan ataupun hewan, namun dalam hal ini lebih ditekankan pada ekosistem tumbuhan di alam bebas sedangkan hewan berupa ikan hanya digunakan sebagai pelengkap saja. Simulasi itu dibentuk didalam sebuah kotak kaca yang biasa kita sebut akuarium. Secara teori ini memang simulasi, namun secara teknis ekosistem yang terbentuk di dalam akuarium sama dengan ekosistem aslinya di alam bebas. Di bawah ini adalah beberapa contoh foto dari Aquascape.

Indah bukan? Bayangkan jika Anda memiliki Aquascape dirumah atau bahkan di kamar Anda sendiri, mungkin bisa menyejukan pandangan. Berdasarkan penuturan penghobi, Aquascape memang bisa melepas penat dari rutinitas atau kesibukan Anda sehari-hari, siapapun orang yang melihatnya tentu akan merasa dimanjakan dengan pemandangan yang indah dari sebuah akuarium lengkap dengan tanaman didalamnya. Yap itulah contoh Aquascape.

Sejarah dan Perkembangan

Sejarah Aquascape berawal di negeri sakura jepang pada tahun 1990, dia adalah Takashi Amano yang pertama kali memulai serta memperkenalkan konsep ini. Alirannya sendiri lebih ke Nature Aquascape pada saat itu, yaitu meniru kondisi alam sebenarnya dan terlihat benar-benar alami meskipun berada di dalam sebuah akuarium, ini sangat menarik terutama dari konsep estetika Jepang Wabi-sabi, yang berfokus pada kefanaan dan minimalis, dan juga Iwagumi, yang mengatur penempatan batu. Takashi Amano mendirikan sebuah perusahan bernama Aqua Design Amano yang dikalangan peghobi dikenal dengan singkatan ADA (Aqua Design Amano). Sampai saat ini,  Takashi Amano bersama perusahaannya memang telah menjadi salah satu kiblat atau referensi para penghobi Aquascape  di dunia dalam membuat Aquascape dan lagi perusahaan tersebut menjual hampir segala macam produk-produk yang berkaitan dengan Aquascape.

apa itu aquascape dan bagaimana sejarahnya
Takashi Amano, klik gambar untuk memperbesar.

Di dalam negeri sendiri, sejarah Aquascape dimulai pada tahun 1993, beliau dikenal dengan panggilan Pak Benny, seorang pemilik akurium terkemuka di Jakarta. Hingga saat ini, Aquascape terus berkembang diseluruh dunia termasuk di Indonesia, beberapa kontes sering digelar baik itu skala nasional ataupun Internasional dan komunitas Aquascape di Indonesia semakin banyak, hampir semua kota di Indonesia saat ini memiliki komunitas Aquascape masing-masing. Bagaimana dengan akuarium air laut yang sering juga kita jumpai, apakah akuarium tersebut masuk dalam kategori Aquascape? Akuarium air laut biasa disebut dengan istilah Reef Aquarium/Reef Tank. Mungkin saja akuarium air laut bisa disebut atau dikategorikan kedalam Aquascape jika istilah Aquascape diartikan per kata aqua=air – scape=pemandangan, tetapi yang perlu diingat adalah istilah Aquascape sendiri memang identik dengan akuarium air tawar. Coba Anda melakukan pencarian di google dengan keyword “Aquascape” dan apakah reef tank (akuarium air laut) tersebut muncul di hasil pencarian Anda?

Info
Terakhir, sebagai alternatif media informasi seputar Aquascape, Anda bisa mulai bergabung di grup Aquascape Facebook. Bisa juga Anda daftar menjadi member di forum IAS” (IndoAquascapeForum) merupakan forum resmi Aquascape Indonesia.


Source : Gambar – Google

 

12 thoughts on “Apa itu Aquascape dan Bagaimana Sejarahnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *