Alat dan Bahan Aquascape (Part 2)

Alat dan bahan Aquascape. Jika di postingan sebelumnya saya membahas tentang alat yang wajib dan disarankan dalam membuat Aquascape, kali ini sesuai janji saya akan membahas mengenai bahan serta elemen pelengkap yang diperlukan dalam membuat Aquascape. Baiklah kita mulai saja…

Bahan dan Elemen Pelengkap

  1. Substrate : Dalam Aquascape, substrate adalah media tanam yang bisa berupa soil (tanah), pasir atau bahkan kerikil. Substrate yang paling mudah didapat dan murah adalah pasir malang dan pasir silika, kedua media tanam tersebut bisa Anda dapatkan di toko ikan atau di tempat penjual tanaman hias, biasanya dijual per kg dan juga per karung. Jika membahas mengenai substrate maka akan muncul 2 jenis substrate secara umumย  seperti yang saya sebutkan di atas, yaitu soil (tanah) dan pasir. Yang manakah yang harus kita gunakan? Iktui postingan selanjutnya mengenai substrate. Yang jelas substrate berjenis apapun yang digunakan haruslah mengandung unsur hara yaitu unsur penting bagi kehidupan tanaman itu sendiri meliputi mineral dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

    alat dan bahan aquascape
    Substrate


  2. Pupuk : Pupuk merupakan komponen penting dalam Aquascape. Konsep Aquascape itu sederhana sama seperti halnya Anda memelihara tanaman di halaman rumah atau di kebun, yang berbeda adalah Anda memeliharanya di dalam air dan jenis tanamannya pun adalah tanaman air. Tanaman air pun memerlukan pupuk layaknya tanaman di darat. Intinya, pupuk berperan sebagai penyedia nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk di bagi dalam beberapa jenis berdasarkan cara dan waktu penggunaannya. Pertama adalah pupuk Dasar, digunakan ketika Anda memasukan substrate ke dalam akuarium. Penggunaan pupuk dasar bisa dicampurkan (diaduk) dengan substrate atau bisa juga terpisah di tempatkan di antara substarte lapisan 1 dan subtrate lapisan 2. Saat ini tersedia bermacam-macam pupuk dasar dan bermacam-macam merek yang bisa Anda dapatkan. Kedua adalah Pupuk Tancap, digunakan setelah akuarium Anda diisi tanaman dan air, cara penggunannya pun cukup ditancapkan di sekitar area tanaman itu sendiri. Ketiga adalah Pupuk Cair, ini merupakan komponen perawatan (maintenance). Pemberian pupuk cair bisa dilakukan secara berkala untuk memasok nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Lihat penjelasan lebih lengkap mengenai pupuk disini.

    substrate dan pupuk aquascape
    JBL AquaBasis Plus


  3. Tanaman : hehe.. senyum-senyum sendiri jadinya pas nulis kata-kata ini. Masa sehh tanamann? ๐Ÿ˜€ Ya saya tetap harus menjelaskannya untuk para pembaca. Inilah inti dari Aquascape, Tanpa tanaman akuarium Anda tidak bisa dikatakan Aquascape. Ada ratusan atau bahkan ribuan spesies tanaman air yang bisa Anda gunakan dalam Aquascape. Hal terpenting yang harus Anda lakukan sebelum membeli tanaman adalah : Kenali karakteristiknya, meliputi kebutuhan CO2, kebutuhan cahayanya, kebutuhan temperaturnya, kebutuhan nutrisinya dan terakhir ingatlah dengan tema/konsep Anda di awal, apakah tanaman yang Anda beli itu bisa mewujudkan konsep yang sudah Anda rencanakan sebelumnya? Sesuaikan harganya dengan kantong Anda dan untuk permulaan pilihlah jenis tanaman yang mudah didapat serta mudah juga perwatannya.

    alat dan bahan aquascape
    Beberapa Jenis Tanaman Yang Dijual Secara Online

     

  4. Hardscape : Hardscape adalah komponen penunjang berupa batu dan atau kayu. Batu yang digunakan tentunya batu alam entah itu batuan beku atau sedimen yang jelas bukan batu bata yaaaa. Batu ataupun kayu yang digunakan haruslah mempunyai bentuk atau warna yang menarik sehingga bisa menunjang keindahan Aquascape Anda nantinya. Hardsacape ini tidak wajib, jika konsep Anda mengharuskan Anda menggunakannya ya gunakan! Misalkan konsep Anda adalah pegunungan atau barisan bukit-bukit kecil, maka penggunaan batu diharapkan bisa mewujudkan konsep Anda itu, jika konsep Anda adalah hutan lengkap dengan elemen kayu nya ya pergunakan lah kayu sebagai hardscape atau bisa juga Anda menggunakan keduanya secara bersamaan. Diperlukan keahlian untuk menyusun atau sekedar menempatkan batu atau kayu di dalam akuarium agar menghasilkan sesuatu yang indah, dan diperlukan jiwa seni untuk mengahsilkan sesuatu yang bernilai seni tinggi. Batu yang sering digunakan dalam Aquascape adalah batuan beku berjenis scoria, batu lava, serpentine dsb, sedangkan untuk kayu yang sering digunakan adalah driftwood, akar-akaran dsb.
    alat dan bahan aquascape
    Contoh Penggunaan Hardscape di Dalam Akuarium
  5. Ikan : Ikan memang merupakan elemen pelengkap dalam Aquascape, namun Aquascape tanpa ikan di dalamnya akan terasa kurang real (nyata). Kembali lagi ke pengertian Aquascape itu sendiri yang sudah saya bahas bahwa, Aquascape merupakan simulasi eksosistem kehidupan tanaman air dan hewan yang kita buat di dalam akuarium. Ikan bukan satu-satunya penghuni Aquascape yang bisa Anda pilih, beberapa jenis hewan lainnya bisa Anda gunakan juga seperti udang dan keong. Catatan penting, tidak semua jenis ikan bisa Anda gunakan dalam auqascape. Ikan yang cocok untuk Aquascape adalah jenis ikan yang bergerombol atau schooling fish dan biasanya berukuran kecil seperti ikan neon tetra, cardinal, guppy, rasbora dsb. Jangan pernah menggunakan ikan yang bersifat merusak seperti ikan koki, tanaman Anda akan hancur dan mungkin saja dimakan oleh ikan tersebut. Meskipun begitu, ada beberapa penghobi yang menggunakan ikan discus di dalam Aquascape, ya intinya selama ikan itu bersahabat dengan tanaman yang Anda pelihara, tidak masalah.

    alat dan bahan aquascape
    Ikan Cardinal Salah Satu Ikan yang Sering Digunakan Dalam Aquascape


Itulah penjelasan singkat mengenai bahan dan elemen pelengkap dalam Aquascape. Jangan lupa subscribe jika ingin berlangganan artikel dari “Jurnal Aquascape”, insyaAllah saya akan terus memperbarui artikel disini, atau jika Anda ingin menyumbang artikel yang berkaitan dengan Aquascape dipersilahkan. Tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Terima Kasih.

Source : Gambar dari Google

3 thoughts on “Alat dan Bahan Aquascape (Part 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *