10 Foreground Plants Yang Cocok Untuk Pemula

Seperti yang telah diketahui bahwa pengelompokkan tanaman Aquascape dibagi menjadi 3 berdasarkan letak penempatannya di dalam akuarium yaitu foreground plants (penempatannya di area depan akuarium), midground plants (penempatannya di area tengah akuarium) dan background plants (penempatannya di area belakang akuarium. Untuk mengetahui tanaman apa saja yang masuk ke dalam kelompok tersebut, Anda harus membaca postingan tentang “Jenis-jenis tanaman Aquascape”.

Namun bagi pemula, tidak semua tanaman cocok untuk dipelihara karena beberapa dari tanaman foreground memerlukan beberapa parameter yang harus dicukupi seperti halnya cuba dan glosso. Disini saya coba memberikan rekomendasi 10 foreground plants yang cocok untuk pemula. Simak selengkapnya…

1. Java Moss (Vesicularia Dubayana)

10 foreground plantsJava Moss (Vesicularia Dubayana) adalah salah satu tanaman air yang sering digunakan atau cukup populer di kalangan pecinta Aquascape. Tanaman ini rendah pemeliharaan dalam arti tidak banyak menuntut baik itu dalam hal parameter air, kebutuhan CO2 dan kebutuhan pencahyaan. Biasanya java moss ditanam pada sebuah media baik itu batu ataupun kayu. Moss adalah tanaman tidak berakar oleh karena itu penanaman dengan menggunakan media kayu atau batu diharapkan dapat menahan tanaman ini tetap di dasar akuarium dan tidak mengapung.

Java Moss mampu tumbuh pada beberapa suhu air yang berbeda yaitu antara 22-32 derajat celcius. Meskipun begitu untuk mencapai pertumbuhan yang optimal disarankan suhu air berkisar 22-25 derajat celcius. Masalah pencahayaan, tanaman ini mampu tumbuh dengan baik di berbagai macam kondisi pencahayaan baik itu low, medium ataupun high namun pertumbuhan tercepat pada pencahayaan medium-tinggi.

2. Dwarf Baby Tears (Hemianthus Callitrichoides)

10 foreground plantsIni adalah carpet plant yang sangat diminati di kalangan pecinta Aquascape. Jenis ini berbeda dengan HC Cuba dan lebih mudah jika dibandingkan dengan HC Cuba dalam hal perawatan. Jika dipelihara dengan baik, tanaman ini akan tumbuh menyebar secara horisontal dan akhirnya melapisi substrate seperti hal nya karpet. Dwarf baby tears akan terus tumbuh semakin tebal ketika tidak ada lagi area perluasan di dalam akuarium.

Tanaman ini mampu tumbuh pada suhu air berkisar 22-29 derajat celcius namun diketahui pertumbuhan tercepat pada suhu air berkisar 22-23 derajat celcius. Untuk pencahayaan disarankan pada kondisi pencahayaan yang terang/high dan akan tumbuh lebih kompak/padat pada kondisi seperti itu. Pada dasarnya jenis tanaman seperti ini akan tumbuh mengikuti arah cahaya sehingga ketika kurang pencahayaan, secara alami tanaman ini akan tumbuh ke atas untuk mencari sumber pencahayaan.

3. Dwarf Hair Grass (Eleocharis Parvula)

10 foreground plantsDwarf Hair Grass akan terlihat sempurna ketika ditanam dengan mengombinasikan hardscape disekitarnya. Hardscape yang biasa digunakan adalah batu dan akan memunculkan efek yang luar biasa ketika tanaman ini tumbuh menyebar di sekeliling batu. Selain itu, tanaman ini akan memunculkan efek kontras yang baik ketika Anda menggunakan substrate berwarna gelap dalam hal ini berupa soil. Ketika semua parameter tercukupi, tanaman ini akan tumbuh dengan cepat sehingga Anda perlu melakukan pemangkasan secara berkala untuk tetap menjaga tampilan dari Dwarf Hair Grass ini.

Toleransi suhu air untuk tanaman ini berkisar antara 22-25 derajat celcius sehingga pastikan agar suhu air akuarium Anda tidak lebih dan tidak kurang dari angka tersebut. Pada dasarnya tanaman ini mampu tumbuh dengan baik pada kondisi pencahayaan sedang namun diketahui petumbuhan tercepat pada kondisi pencahayaan tinggi.

4. Marsilea Hirusta

10 foreground plantsMarsilea Hirusta adalah spesies lain dari Marsilea Minuta yang mampu tumbuh menyebar secara horisontal seperti tanaman karpet lainnya. Sama halnya seperti Dwarf Hair Grass, penanaman Marsilea Hirusta terlihat luar biasa ketika dikombinasikan dengan hardscape berupa batu. Tanaman ini akan tumbuh menyebar di sekeliling batu.  Tanaman ini mudah tumbuh pada beberapa kondisi/parameter air dan toleransi suhu berkisar 23-25 derajat celcius sedangkan untuk pencahayaan Anda tidak perlu pencahayaan yang tinggi karena dengan pencahayaan yang sedang pun tanaman ini akan tumbuh dengan optimal.

5. Amazon Sword (Echinodorus Amazonicus)

10 foreground plantsAmazon Sword adalah sebutan untuk spesies tanaman Echinodorus Amazonicus yang pada dasarnya sebetulnya merupakan midground plant namun Anda tetap bisa menanamnya pada area depan akuarium. Perlu diperhatikan bahwa tanaman ini mampu tumbuh hingga lebih dari 50 cm.

Tanaman ini cukup mudah tumbuh dan tingkat bertahan hidupnya (survival rate) cukup tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir tanaman ini akan mati pada masa-asa awal penanaman. Tolerasi suhu air untuk tanaman ini berkisar antara 22-27 derajat celcius dan untuk pencahayaan hanya memerlukan pencahayaan sedang.

6. Java Fern (Microsorum Pteropus)

10 foreground plantsJava Fern adalah tanaman yang muah tumbuh dan tingkat perawatannya cukup rendah sehingga cocok untuk pemula. Tanaman ini memiliki tampilan yang menarik sehingga cukup populer di kalangan pecinta Aquascape. Kelebihan dari tanaman ini adalah dapat ditempatkan di setiap area akuarium artinya Anda dapat menjadikan Java Fern sebagai foreground plant, midground plants ataupun background plant.

Toleransi suhu air untuk tanaman ini berkisar antara 22-25 derajat celcius dan kebutuhan cahaya low-medium artinya Anda tidak perlu menyediakan pencahayaan yang tinggi bagi tanaman yang satu ini karena dengan pencahayaan rendah pun tanaman ini akan tumbuh dengan baik.

7. Anubias Nana

10 foreground plantsAnubias Nana bisa Anda jadikan sebagai foreground plant ataupun midground plant dengan tingkat perawatan yang cukup mudah. Tanaman ini dapat mentolerir hampir semua kondisi air sehingga sangat cocok bagi pemula. Anubias Nana tumbuh dengan batang yang sedikit melengkung dan bentuk daun semi bulat. Untuk menanam Anubias Nana, Anda memerlukan media seperi batu ataupun kayu.

Toleransi suhu air untuk tanaman ini berkisar 22-25 derajat celcius dan tingkat pencahayaan yang dibutuhkan adalah medium. Untuk menghasilkan efek yang luar biasa, Anda perlu menanam Anubias Nana dalam kelompok yang cukup banyak. Lihat penjelasan lengkap mengenai Anubia Nana disini.

8. Pygmy Chain Sword (Echinodorus Tenellus)

10 foreground plantsTanaman ini lebih mirip dengan speseis Eleocharis yaitu Hair Grass namun masih terdapat perbedaan yaitu petumbuhan dari tanaman ini tidak sepadat spesies Hair Grass pada umumnya. Tanaman ini lebih baik ditanam/ditempatkan di sekitar hardscape baik itu batu ataupun kayu.

Toleransi suhu air untuk tanaman ini berkisar 22-25 derajat celcius dengan tingkat pencahayaan medium-high. Anda dapat mencobanya dengan tingkat pencahayaan sedang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan pencahayaan tinggi. Karena pada beberapa kasus justru tanaman ini tumbuh secara optimal pada tingkat pencahayaan sedang.

9. Pogostemon Helferi

10 foreground plantsSelain memiliki nama yang menarik, tanaman ini juga merupakan foreground plant paling unik jika dilihat dari bentuk daunnya. Pogostemon Helferi memilik pola zig-zag pada daunnya yang tumbuh dan mekar ketika semua parameter tercukupi. Untuk menciptakan efek yang menarik, Anda perlu menanam beberapa dari tanaman ini pada bagian depan akuarium.

Toleransi suhu air untuk tanaman ini berkisar 22-25 derajat celcius dan dengan tingkat pencahayaan sedang tanaman ini mampu tumbuh secara optimal. Injeksi CO2 tidak terlalu vital bagi tanaman ini sehingga Anda bisa mencoba mengandalkan asupan CO2 yang sudah terkandung di dalam air secara alami.

10. Dwarf Sagittaria (Sagittaria Subulata)

10 foreground plantsSagittaria Subulata adalah tanaman yang mudah tumbuh dan mampu tumbuh hingga mencapai 10-15 cm. Tanaman ini mirip dengan spesies tenellus yang tumbuh tidak sepadat jenis Hair Grass sehingga Anda perlu beberapa ikat dari tanaman ini untuk menciptakan efek kepadatan di dalam akuarium. Penempatan terbaik tanaman ini adalah di sekitar hardscape baik itu batu ataupun kayu.

Toleransi suhu air untuk tanaman ini adalah berkisar 22-25 derajat celcius dan dengan tingkat pencahayaan yang sedang tanaman ini mampu tumbuh dengan baik. Saya sendiri pernah mencoba memelihara tanaman yang satu ini meskipun saya rasa tingkat pertumbuhannya tidak terlalu cepat namun tingkat bertahan hidupnya cukup tinggi.

Penutup

Anda bisa mencoba 10 foreground plants yang direkomendasikan di atas sebagai tahap awal namun jika Anda sudah mampu menumbuhkan dengan baik beberapa tanaman di atas, Anda bisa memilih tanaman yang lebih sulit seperti HC Cuba, Glosso ataupun spesies Hydropiper. Anda bisa melihat penjelasan lengkap dari berbagai tanaman air pada laman Ensiklopedia, mohon maaf daftar tanaman memang belum lengkap dan sedang saya lengkapi. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat membantu dalam menentukan tanaman yang cocok untuk akuarium Anda

6 thoughts on “10 Foreground Plants Yang Cocok Untuk Pemula

  1. mas saya mau tanya untuk aquarium ukuran 150X60X60 filter samping dengan lighting 48 watt, suhu 26-29, kira-kira tanaman karpet apa yang cocok dan dapat tumbuh subur di aquarium saya.

  2. mau nanya mas tank saya ukuran 40x30x30,pukcir micmac,lampu led 24watt,co2 tablet sera sehari 1 suhu 27,tapi kenapa ya monte carlo saya udah 4 bulan belum ngarpet,wc seminggu 2 kali,apa ada yang salah ya mas ?

  3. Mas mau tanya, aquarium ukuran 50x30x30 cocoknya pakai lampu yang berapa ya kalau saya pengen tingkat pencahayaan medium-high..

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *